Mengenal Pasar Kangen Yogyakarta: Ikon Budaya dan Wisata Daerah

| 06 Aug 2023 19:00
Mengenal Pasar Kangen Yogyakarta: Ikon Budaya dan Wisata Daerah
Mengenal pasar kangen yogyakarta (Twitter)

ERA.id - Di tengah gemerlapnya pusat perbelanjaan modern dan pusat perniagaan yang semakin maju, pasar tradisional tetap memancarkan daya tarik dan keunikan mereka. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Pasar Kangen di Yogyakarta. Mari mengenal Pasar Kangen Yogyakarta lebih dekat.

Pasar Kangen di Jogja tidak hanya sekadar tempat berbelanja, tetapi juga merangkum nilai-nilai budaya dan kehangatan komunitas. Artikel ini akan membahas pesona yang dimiliki oleh Pasar Kangen Yogyakarta, yang tak hanya menjadi tempat untuk mendapatkan barang-barang, tetapi juga merupakan jendela ke dalam kehidupan dan warisan budaya lokal.

Mengenal Pasar Kangen Yogyakarta

Pasar Kangen Yogyakarta merupakan sebuah event tahunan yang digelar di Kota Yogyakarta. Tradisi tahunan ini pertama kali dimulai pada tahun 2007. Acara ini memungkinkan para pengunjung untuk menikmati berbagai macam hidangan khas yang unik dan langka.

Kuliner yang ditawarkan di Pasar Kangen mencakup makanan klasik, mainan tradisional, barang-barang antik, serta karya seni yang langka. Tidak hanya itu, setiap hari akan ada penampilan dari beragam kelompok seni yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

Melalui festival ini, pengunjung dapat terhanyut dalam suasana tempo dulu, dan merasakan momen nostalgia.

Pasar Kangen juga menghadirkan para pedagang yang menawarkan barang-barang unik (Twitter)

Tertarik mengunjunginya? Lokasi Pasar Kangen berada di kompleks Taman Budaya Yogyakarta, yang letaknya tidak jauh dari Jalan Malioboro. Festival ini diselenggarakan secara gratis, mengundang masyarakat lokal dan dari luar Yogyakarta untuk turut serta dalam perhelatan ini.

Di tengah suasana kuliner yang menggoda, Pasar Kangen juga menghadirkan para pedagang yang menawarkan barang-barang unik dan menghidupkan pertunjukan seni.

Pelbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga berpartisipasi dalam acara ini, menjual berbagai koleksi barang jadul seperti keris, peralatan elektronik antik, pernak-pernik, dan mata uang koin dari zaman dulu yang tersedia untuk dibeli.

Pasar Kangen memberikan pengalaman bernostalgia yang tak terlupakan kepada setiap pengunjung, membawa mereka kembali ke masa lampau yang berharga.

Pasar Kangen Jogja juga menyajikan pertunjukan seni yang dapat dinikmati setiap malam, menampilkan keragaman seni khas Jogja mulai dari pertunjukan ketoprak hingga tarian tradisional yang dihadirkan oleh seniman-seniman Jogja.

Ketika berkunjung ke Pasar Kangen, para pengunjung akan mendapatkan pengalaman berharga dalam menghayati nilai-nilai kearifan lokal, seperti budaya bertegur sapa, yang memungkinkan mereka merasakan atmosfer transaksi jual beli layaknya di pasar tradisional.

Pemerhati budaya, Indra Tranggono, menekankan bahwa Pasar Kangen memiliki potensi untuk membentuk karakter dan identitas, seiring dengan proses pelestarian budaya yang secara khas terjadi dalam acara ini.

Selain mengenal pasar kangen yogyakarta, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi