Gibran Dapat Suntikan Modal Rp28 Miliar, Bakal Dipakai untuk Apa?

Tim Editor

Calon Wali Kota Solo sekaligus Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, Solo.(Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Putra sulung presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengaku baru saja mendapat suntikan modal untuk bisnis Mangkokku, bisnis yang dirintis bersama dengan adiknya Kaesang Pangarep. Pendanaan dari Alpha JWC Ventures yang diterima Gibran mencapai 2 juta dollar Amerika atau setara dengan Rp 28 miliar. 

Dana tersebut disalurkan untuk beberapa bisnis yang dimiliki Gibran bersama beberapa rekannya. Dalam merintis Mangkokku, Gibran bekerjasama dengan adiknya Kaesang Pangarep dan menggandeng Chef kenamaan Arnold Poernomo dan pengusaha Randy Kartadinata. 

Selain Mangkokku, dana juga digelontorkan untuk brand lain Goola dan 12 brand lainnya yang kesemuanya merupakan bisnis food and beverage (F&B) yang berbasis di Indonesia dan Australia. Gibran mengatakan dia berencana untuk membuka cabang baru dengan pendanaan dari Alpha JWC Ventures ini. 

”Mangkokku selama ini bergerak dalam bidang F&B. Kami yakin bisa cukup resilient (tangguh) di era pandemi semacam ini. Selain bertahan, kami juga berharap bisa membuka cabang-cabang baru di Indonesia,” ucapnya melalui siaran pers Senin (23/11/2020). 

Gibran mengaku saat ini sudah memiliki 22 cabang yang kesemuanya masih di Jabodetabek. Kedepannya dia berencana membuka cabang baru di Surabaya. Gibran menargetkan hingga akhir tahun 2020 bisa membuka sampai 30 cabang. 

”Tahun depan kami harapkan bisa membuka sampai 75 cabang,” ucapnya. 

Meskipun di masa pandemi covid-19 ini, dia mengaku mengalami penurunan penjualan. Dalam masa normal, Mangkokku bisa menjual hingga ribuan porsi. Namun sayangnya pada masa pandemi ini hanya sekitar 600 porsi saja dalam sehari. 

Dalam bisnis Mangkokku ini Gibran bekerjasama dengan adik bungsunya, Kaesang Pangarep, Chef kenamaan Arnold Purnomo dan pengusaha Randy Kartadinata. Selain Mangkokku brand lainnya yang pernah mendapat gelontoran dana yakni Goola, Kopi Kenangan, Lemonilo dan beberapa brand lainnya. 

Gibran sendiri selama beberapa bulan terakhir lebih fokus dalam urusan politiknya. Dia mengatakan saat ini bisnisnya lebih banyak diurusi oleh adiknya, Kaesang  Pangarep. Sedangkan dirinya sibuk dalam pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solo 2020 sebagai calon wali kota dan berpartner dengan mantan ketua DPRD Kota Solo Teguh Prakosa. 

 

Tag: gibran rakabuming raka

Bagikan: