FPI Klaim Hasil Swab Test Rizieq Shihab Negatif COVID-19

| 23 Nov 2020 23:16
FPI Klaim Hasil Swab Test Rizieq Shihab Negatif COVID-19
Ilustrasi Rizieq Shihab (Ilham Amin/Era.id)

ERA.id - Wakil Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar mengklaim hasil uji usap atau swab test PCR pimpinan FPI Rizieq Shihab negatif. Setelah dikabarkan jatuh sakit beberapa hari setelah pernikahan putri keempatnya, Aziz mengatakan, Rizieq menjalani swab test mandiri pada Minggu (22/11/2020).

"Sudah, sudah tes kemarin. Negatif," ujar Aziz saat dikonfirmasi wartawan, Senin (23/11/2020).

Aziz menjelaskan, swab test dilakukan oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI). Dia menambahkan, tak hanya Rizieq saja yang hasil swab test-nya negatif, tapi juga istri serta anak dan menantunya juga dinyatakan negatif COVID-19.

"Jadi dites kemarin (Minggu), baru keluar (hasilnya) hari ini. Istri, anak sama menantunya juga negatif (COVID-19)," kata Aziz.

Usai menjalani swab test, Aziz mengaku saat ini Rizieq masih beristirahat di kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto setelah perwakilannya menemui Rizieq di kediamannya Jalan Petamburan III Jakarta Pusat.

"Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri," ujar Heru di Jakarta, Minggu (22/11/2020).

Heru mengatakan sejumlah perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk mengimbau Rizieq agar menjalani tes usap COVID-19 pada Sabtu (21/11). Hal itu dilakukan setelah mendapat info Rizieq sakit dengan ciri-ciri diduga terpapar COVID-19.

Namun Rizieq tidak dapat ditemui dengan alasan tengah istirahat dan tidak menerima tamu. Sehingga, pihak kepolisian hanya mengimbau Rizieq lewat utusannya dari depan pagar rumah. Heru memastikan Rizieq Shihab melakukan tes usap COVID-19 secara mandiri, tanpa fasilitas pemerintah.

Rekomendasi