Siapa Juliari Batubara, Mensos yang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Bansos COVID-19

Tim Editor

Menteri Sosial Juliari P Batubara (ANTARA/HO.Humas Kemensos)

ERA.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi penerimaan hadiah di Kementerian Sosial terkait bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Jabodetabek.

KPK menduga Menteri Sosial Juliari Peter Batubara menerima suap senilai Rp17 miliar dari fee pengadaan bantuan sosial sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19 di Jabodetabek.

"Pada pelaksanaan paket bansos sembako periode pertama diduga diterima fee Rp12 miliar yang pembagiannya diberikan secara tunai oleh MJS (Matheus Joko Santoso) kepada JPB (Juliari Peter Batubara) melalui AW (Adi Wahyono) dengan nilai sekitar Rp8,2 miliar," kata kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam konferensi pers di gedung KPK pada Minggu dini hari.

Untuk diketahui, Juliari Batubara bukanlah pendatang baru di perpolitikan Tanah Air. Politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pernah menjabat sebagai anggota DPR dalam dua periode masa jabatan untuk daerah pemilihan Jawa Tengah I, di mana ia berada dalam Komisi VI yang menangani Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM dan BUMN, serta Standardisasi Nasional.

Juliari Batubara juga menjadi Wakil Bendahara Umum PDI-P periode 2019-2024. Juliari juga merupakan calon menteri pertama PDIP yang dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan, Jakarta, saat penyusunan Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Selasa (22/10/2019).

Juliari P. Batubara dipanggil Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Foto: ERA.id)

 

Juliari pernah menempuh pendidikan di Riverside City College dan Chapman University di Amerika Serikat. Sebelum masuk dunia politik, Juliari sempat menjadi petinggi beberapa perusahaan, yakni PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, PT Arlinto Perkasa Buana, PT Bwana Energy, dan PT Tridaya Mandiri.

Ia juga sempat menjadi Ketua Harian Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo) pada 2007-2014. Selain itu, Juliari juga pernah menjadi Wakil Ketua Komite Tetap Akses Informasi Peluang Bisnis-Bidang UMKM Kadin pada 2009-2010. Ia menjadi salah satu orang yang dipanggil Presiden Joko Widodo dalam rangka pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

Tag: kpk juliari batubara Mensos Juliari Batubara Mensos Juliari Batubara tersangka Juliari Batubara tersangka korupsi bansos covid-19 profil juliari batubara siapa juliari batubara korupsi kemensos

Bagikan: