Viral Percakapan Pembunuhan Habib Rizieq oleh Polisi, Poisi: Hoaks

| 09 Dec 2020 14:24
Viral Percakapan Pembunuhan Habib Rizieq oleh Polisi, Poisi: Hoaks
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus (Rizki/era.id)

ERA.id - Beredar berita yang mengatasnamakan portal berita atau sebuah media yang mengungkapkan hacker atau peretas yang berhasil membongkar isi percakapan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran membahas rencana pembunuhan Habib Rizieq Shihab (HRS).

"Beredar di sosmed bahwa ada salah satu media yang menuliskan tentang viral hacker yang membocorkan percakapan Pak Kapolda Metro Jaya, medianya adalah media detik com ini beredar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Rabu (9/12/2020).

Yusri mengatakan, isi dari berita viral itu adalah seorang hacker yang berhasil membongkar percakapan Kapolda Metro. Percakapannya disebut-sebut membahas rencana pembunuhan pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab. Polisi memastikan kabar itu tidak benar. 

 

"Bahwa ada percakapan WA Pak Kapolda Metro Jaya dalam satu WA-nya ini saya jelaskan bahwa ini adalah berita tidak benar. Viral hoaks membocorkan WhatsApp perihal pembunuhan HRS oleh anggota kepolisian," kata Yusri.

Polisi pun sudah mengkonfirmasi terkait info itu ke media detik.com. Hasilnya, redaksi detik.com tidak pernah mengeluarkan berita viral tersebut.

"Saya sudah konfirmasi ke media detik.com dari media pun menyatakan tidak pernah memberitakan seperti ini dan ini editan. Ini diedit karena media tersebut tidak pernah mengeluarkan berita ini," terang Yusri.

Rencananya, Polda Metro Jaya akan melakukan penyelidikan atas berita bohong tersebut. Saat ini tengah dicari pembuat atau yang mengedit berita hoaks tersebut.

Rekomendasi