Hari Antikorupsi Sedunia: Begini Komentar DPR Soal Kinerja KPK di Era Firli Bahuri

Tim Editor

Ketua KPK Firli Bahuri. (ANTARA/HO-Humas KPK)

ERA.id - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni memberikan catatan terkait kinerja KPK khususnya dalam peringatan Hari Antikorupsi Internasional pada tanggal 9 Desember.

Dia menilai KPK di bawah kepemimpinan Firli Bahuri semakin bertaji dan berani dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Semenjak KPK dipimpin Firli, lembaga antirasuah tersebut kini bisa kita lihat semakin bertaji. Semakin berani dan makin ganas memberantas korupsi," kata Sahroni dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (9/12/2020).

Dia mengatakan, KPK di bawah kepemimpinan Firli, telah berhasil menjalankan fungsi pencegahan dengan sangat baik. Selain itu, menurut dia, KPK juga sekaligus tetap melakukan penegakan hukum bagi para koruptor, hingga ke tingkat menteri.

“Kita lihat KPK juga tidak pandang bulu dalam menegakkan aturan hukum yaitu dari semua kalangan hingga ke tingkat menteri," ujarnya pula.

Karena itu, menurut dia, KPK tetap harus fokus dalam fungsi pencegahan dengan terus membina kerja sama dengan lembaga-lembaga negara lain untuk membuat sistem kerja yang meminimalisir peluang korupsi.

Politisi Partai NasDem itu menilai kerja sama itu sangat penting demi memperkecil peluang untuk korupsi, penangkapan apalagi operasi tangkap tangan (OTT) memang dramatis, namun pencegahan tetap yang utama.

Tag: kpk ketua kpk firli bahuri dpr hari antikorupsi sedunia

Bagikan: