Firli Bahuri Mangkir Lagi dari Pemeriksaan Kasus Pemerasan SYL, Ini Respon Polda Metro Jaya

| 08 Nov 2023 19:51
Firli Bahuri Mangkir Lagi dari Pemeriksaan Kasus Pemerasan SYL, Ini Respon Polda Metro Jaya
Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (25/9/2023). (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Polda Metro Jaya belum mau menanggapi perihal Ketua KPK, Firli Bahuri yang mangkir saat dipanggil untuk diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (7/11).

"Nanti, nanti, ada update berikutnya Minggu ini, nanti kita tunggu saja," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (8/11/2023).

Saat ditanya kapan Firli kembali dipanggil, mantan Kapolresta Solo ini enggan memberi jawaban. "Nanti akan kita kabari," ucapnya.

Sebelumnya, KPK memastikan ketuanya, Firli Bahuri tak akan memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa terkait kasus dugaan pemerasan terhadap SYL pada hari ini.

"Ada kegiatan di Aceh dalam rangka Roadshow Bus KPK dan juga Hakordia (Hari Antikorupsi Sedunia) di Aceh,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (6/11).

Ali memastikan surat sudah dikirimkan komisi antirasuah ke Polda Metro Jaya. Sebab, Firli tak mungkin hadir mengingat sedang di luar kota.

Selain itu, Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak memastikan penugasan Firli Bahuri ke Aceh bukan mengada-ada atau upaya menghindari pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Firli diketahui sedang berada di Aceh untuk Roadshow Bus Antikorupsi dan rangkaian Hakordia. Rencananya, dia akan berada di luar kota hingga Rabu, 8 November tapi juga lebih dari itu.

“Jadi bukan mengada-ada, bukan, tapi karena kondisinya seperti itu sehingga perlu ada penjadwalan kembali atas permintaan (pemeriksaan, red) Polda Metro Jaya,” ujar Johanis.

Rekomendasi