4 Partai Klaim Menang Besar di Pilkada Daerah Sulsel, Gerindra Nasdem Teratas

Tim Editor

Ilustrasi pilkada (Era.id)

ERA.id - Empat Partai Politik masing-masing Partai NasDem, Gerindra, Golkar dan Demokrat mengklaim meraih kemenangan besar versi hitungan cepat lembaga survei di sejumlah daerah dari 12 kabupaten kota di Provinsi Sulawesi Selatan yang menggelar Pilkada serentak pada Rabu, 9 Desember 2020.

"Tanpa mendahului hasil resmi dari KPU, alhamdulillah, target 60 persen terpenuhi dengan menang di tujuh daerah. Kita mengusung 10 kader baik itu calon bupati wali kota, dan wakil bupati serta wakil wali kota pada Pilkada tahun ini," tutur Sekertaris DPW NasDem Sulsel, Syaharuddin Alrif saat dikonfimasi Kamis.

Tujuh daerah yang diklaim tersebut masing-masing, Kota Makassar, Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Kabupaten Kepulauan Selayar,  Kabupaten Barru, Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Gowa (kolom kosong) dan Kabupaten Soppeng (kolom kosong)

Sedangkan lima daerah yang kalah seperti Kabupaten Maros, Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Bulukumba. "Kita tetap mengapresiasi kinerja semua kader yang tetap semangat serta  memberi perlawanan sampai menunggu hasil penetapan resmi dari KPU," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel itu.

Dikonfimasi terpisah, Ketua DPD I Partai Gerindra, Andi Irwan Darmawan Aras juga mengklaim unggul di tujuh daerah seperti di Kota Makassar, Kabupaten Bulukumba,  Gowa (kolom kosong), Soppeng (kolom kosong), Luwu Timur, Tana Toraja dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sementara lima daerah yang kalah, di Kabupaten Toraja Utara, Barru, Pangkep, Luwu Utara, serta Kabupaten Maros.

"Hasil ini telah melampaui target kami, awalnya hanya ditargetkan enam daerah tapi bisa tujuh. Tentunya keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh tim yang ada memenangkan para kandidat," ucap anggota DPR RI ini.

Sekretaris DPD I Partai Golkar Sulsel, Marzuki Wadeng, saat dikonfirmasi menuturkan, partai Golkar mengklaim memenangkan pertarungan pada enam daerah di Sulsel.

Enam daerah tersebut yaitu, Kabupaten Gowa (kolom kosong) Kabupaten Soppeng (kolom kosong), Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

Enam daerah yang kalah, yakni Kota Makassar, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Tana Toraja. Hasil tersebut, kata dia, akan menjadi bahan evaluasi, mengingat ada kader serta pengurus partai sendiri yang diusung di daerah tersebut.

"Kita segera lakukan evaluasi, sembari menunggu penetapan resmi dari KPU. Ini untuk persiapan Pilkada serentak lanjutan yang akan dilaksanakan pada sembilan daerah nanti. Hal lain karena ini kan masih kepengurusan baru. Tapi, Alhamdulillah hasil Pilkada tahun ini tidak mengecewakan," ungkap anggota DPRD Sulsel itu.

Untuk perolehan klaim kemenangan dari Partai Demokrat, Ketua Bappilu Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle, menyebut meski hanya menang di enam kabupaten, dari 12 daerah yang berpilkada, itu sudah sesuai target diberikan DPP Pusat 

"Saat ini kan proses penghitungan masih berjalan, kita tunggu saja ketetapan resminya dari KPU," singkat Selle, anggota DPRD Sulsel tersebut.

Tag: gerindra nasdem Pilkada Makassar pilkada serentak 2020

Bagikan: