Pemerintah Pastikan Vaksin COVID-19 Gratis Berkualitas Terbaik

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito. (Foto: BNPB)

ERA.id - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memastikan pemerintah akan gunakan vaksin COVID-19 kulitas terbaik. Hal ini merupakan tindak lanjut atas kebijakan Presiden Joko Widodo yang memutuskan seluruh vaksin COVID-19 gratis bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali.

Adapun program vaksinasi COVID-19 rencananya akan terealiasi mulai tahun 2021.

"Penting untuk diingat, jika nanti program vaksinasi dijalankan pada tahun 2021, pemerintah memastikan vaksin yang digunakan adalah vaksin yang terbaik bagi masyarakat Indonesia," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (17/12/2020).

Meski telah menggratiskan seluruh vaksin, Wiku menegaskan, pemerintah tidak akan terburu-buru menyelenggarakan program vaksinasi COVID-19. Pemerintah akan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan vaksin supaya aman digunakan.

Saat ini pemerintah telah mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac dalam bentuk jadi dan tengah menunggu hasil akhir dari uji klinis fase III vaksin COVID-19 buatan Sinovac yang dikembangkan di Bandung, Jawa Barat.

Nantinya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) akan mengeluarkan izin penggunaan darurat atau atau emergency use authorization (EUA) setelah memastikan vaksin COVID-19 terbukti aman dan berkhasiat untuk digunakan.

"Program vaksinasi akan diselenggarakan secara bertanggung jawab dan tetap mematuhi tahapan-tahapan pengembangan vaksin sehigga nantinya vaksin yang digunakan itu betul-betul aman dan berkhasiat bagi masyarakat," kata Wiku.

Wiku menambahkan, program vaksinasi gratis kepada seluruh masyarakat ini diharapakan dapat meningkatkan kekebalan komunitas secara global. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia.

Dia mengatakan, program vaksinasi ini merupakan salah satu upaya pemerintah menangani wabah virus korona di samping menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Maka pemberian vaksin secara gratis kepada seluruh masyarakat juga dapat berkontribusi besar dalam menciptakan kekebalan komunitas secara global," kata Wiku.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengumumkan vaksin COVID-19 untuk masyarakat akan diberikan secara gratis. Dia memerintahkan jajaran kabinetnya untuk menyiapkan anggaran program vaksinasi di tahun anggaran 2021. Menkeu Sri Mulyani juga diminta merealokasikan anggaran terkait.

"Dapat saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi, gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Presiden Jokowi lewat YouTube Sekretariat Kepresidenan, Rabu (16/12/2020).

Jokowi juga menyatakan akan menjadi orang pertama di Indonesia yang mendapatkan vaksinasi COVID-19. Ia ingin memastikan pada masyarakat soal keamanan penggunaan vaksin.

"Nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," kata Jokowi.

 
 

 

 

Tag: vaksin covid-19 Satgas COVID-19 wiku adisasmito

Bagikan: