Beredar Foto Bayi Korban Selamat dari Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air JT182 di, Faktanya Cuma Hoaks

Tim Editor

Hoaks bayi korban selamat pesawat Sriwijaya Air JT182. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Beredar di media sosial sebuah foto bayi yang dikalim korban selamat dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air JT182. Foto yang memperlihatkan seorang bayi mengenakan pelampung dan di kelilingi banyak orang itu salah satunya diposting oleh akun Facebook Marlyn Umbu Maret.

"Bayi yg slmt dr penerbangan Pesawat Sriwijaya…smg korban yg lain dpt dtemukan…smgt utk TIM SAR. TUHAN YESUS SLL MEMBRKATI BABY," tulis narasi pada postingan tersebut.

Setelah ditelusuri, dilansir laman turnbackhoax.id, faktanya informasi tersebut merupakan hoaks atau berita bohong. 

Pada kecelakaan Lion Air beberapa waktu lalu, foto serupa juga turut beredar, Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho saat itu mengklarifikasi bahwa foto tersebut merupakan foto salah seorang penumpang yang selamat pada kejadian tenggelamnya Kapal KM Lestari Maju. Kapal diketahui tenggelam di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, 3 Juli 2018.

Dalam keterangan yang dirilis Liputan6 pada video penemuan bayi tersebut terlilit pelampung dan dikabarkan bahwa ibu serta keluarga bayi tersebut tidak selamat. Ibu bayi tersebut sengaja melilitkan badannya ke pelampung agar bayinya tetap mengambang.

Sehingga, klaim mengenai bayi yang selamat dalam kecelakaan pesawat Sriwijaya Air itu merupakan hoaks dengan kategori konten yang salah.

Untuk diketahui, pesawat Sriwijaya Air SJ182 jatuh di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, atau 11 nautical mile dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang-Banten pada, Sabtu (9/1).

Pesawat teregistrasi PK-CLC jenis Boeing 737-500 itu jatuh saat akan menanjak ke ketinggian 13.000 kaki dari permukaan laut. Sebelum lepas landas, sempat menunda keberangkatannya selama 30 menit karena cuaca hujan. 

Tag: hoaks cek fakta sriwijaya air jatuh sriwijaya air sj182 pencarian sriwijaya air hari ini hoaks sriwijaya air jatuh

Bagikan: