Gejala Gempa Bumi, Pahami Tanda-Tanda Kemunculannya

Tim Editor

Tanda-tanda gempa bumi. (Mabel Amber dari Pixabay)

ERA.id - Tepat pada dini hari tadi gempa susulan mengguncang wilayah Sulawesi barat (Sulbar), dengan kekuatan 6,2 SR Jumat (15/1/2021) sekitar pukul 02.30. Sebelumnya juga terjadi gempa dengan kekuatan 5,9 SR pada Kamis (14/1) tepatnya pukul 13.35 WITA. Lokasi gempa berada di 2.99 Lintas Selatan, 118,89 Barat Timur, atau 4 km dari Barat Laut Majene Sulbar.

Sehubungan dengan kejadian yang kerap kali mengguncang Indonesia maka ada baiknya untuk kita mengetahui beberapa gejala gempa bumi. 

Ada beberapa tanda yang bisa terlihat sebelum gempa, beberapa ciri tersebut antara lain:

Lihat bentuk awan

Ada awan yang berbentuk aneh dan seperti yang dilansir ERA.id dari BPBD Buleleng, lihatlah kelangit, jika ada awan yang berbentuk seperti tornado, seperti pohon, seperti batang atau terlihat berdiri maka waspadalah. Biasanya hal itu pertanda akan adanya gempa bumi.

Awan aneh itu terjadi karena pengaruh gelombang elektromagnetis berkekuatan besar yang terjadi dari dasar bumi dan gelombang itu menghisap daya listrik di awan. Karena itulah bentuk awannya seperti tersedot kebawah.

Ilustrasi (Free Creative Stuff dari Pixabay) 

 

Biasanya gelombang elektromagnetis besar terjadi karena adanya patahan atau pergeseran lempeng bumi. Tapi kemunculan awan gempa seperti itu di langit tidak selalu bisa jadi patokan. Bisa saja memang bentuknya awan seperti itu.

Coba diuji medan elektromagnetis di dalam rumah

- Cek siaran Televisi, apakah ada TV brebet-brebet ataukah suara

- Apabila terdapat mesin fax, cek apakah lampunya blinking biarpun lagi bunyi transmit data

- Cobalah minta orang lain mengirim fax ke kita, cek apakah teksnya yang diterima meminta atau suara

Ilustrasi (Vidmir Raic dari Pixabay) 

 

- Coba matikan aliran listrik. Cek apakah lampu neon tidak menyala redup/remang-remang biarpun tetap ada arus listrik

Apabila gejala tersebut terjadi, bisa dipastikan kalau sedang ada gelombang elektromagnetis yang amat besar yang terjadi. Hal itu kasat mata dan tak bisa kita lihat.

Prilaku hewan yang tak biasa

Kita juga bisa mengenali gejala terjadinya gempa dengan melihat perilaku dari para hewan. Apabila mereka bertingkah aneh, gelisah, atau menghilang itulah saatnya anda waspada. Hal itu disebabkan karena insting hewan yang tajam dan hewan juga bisa merasakan gelombang elektro magnetis.

Air tanah surut juga jadi tanda

Lihatlah air tanah, apabila tiba-tiba surut tak seperti biasanya bisa jadi tanda. Jika anda melihat keempat gejala di atas secara bersamaan maka siap-siaplah untuk lakukan evakuasi.

Jangan ragu lagi, segeralah tindakan penyelamatan diri untuk menghindari hal yang tak diinginkan. 

Jadi itulah beberapa gejala sebelum terjadi gempa bumi, kenali dan tetaplah waspada karena kita tingga; di wilayah "Ring of fire" dengan lempeng yang bisa bergerak-gerak kapan saja.

Tag: gempa bumi Gempa Majene gejala gempa bumi tanda-tanda gempa bumi

Bagikan: