Penemuan Patung Misterius Milik Soekarno di Gedung Sarinah Bikin Heboh, Begini Penampakannya

Tim Editor

Gedung Sarinah. (Foto: Commons Wikimedia)

ERA.id - Penemuan patung dan relief misterius di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, bikin heboh warganet. Kuat dugaan patung dan relief tersebut merupakan salah satu karya seni milik Presiden pertama RI, Soekarno.

Berdasarkan unggahan akun Instagram milik @Liayuslan, patung ini adalah peninggalan Presiden Soekarno. Dia pun membagikan potret ketika berfoto bersama patung dan relief misterius tersebut.

Adapun berdasarkan penjelasannya, dalam proyek Gedung Sarinah yang sedang dikerjakan oleh perusahaan tempat Lia Yuslan bekerja, pihaknya terkejut menemukan patung tersembunyi yang disebutnya peninggalan dari masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Patung itu sendiri memiliki dimensi panjang dan 3x12 m. Selama ini patung tersebut disembunyikan di dalam struktur bangunan dan baru ditemukan saat pihaknya ingin membongkar bangunan tersebut.

Penemuan patung dan relief milik Soekarno di Gedung Sarinah. (Foto: Istimewa)

 

"Ada kejutan di project ini dengan ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3x12 m yang selama ini disembunyikan di dalam struktur bangunan, dan baru diketahui keberadaannya ketika bangunan dibongkar," ujar wanita tersebut dalam caption unggahannya.

Menurut sejumlah informasi yang dikumpulkan, keberadaan patung ini berada tepat di belakang gerai restoran cepat saji McD. Secara spesifik, lokasinya berada di ruangan yang jarang terjamah oleh sembarangan orang, yakni ruang mekanikal dan elektrikal gedung.

Pada relief itu terdapat gambaran kehidupan masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan. Tampak patung berwujud manusia itu sedang membawa hasil panen dan tangkapan sambil menggunakan caping khas orang pedesaan.

Penemuan patung dan relief milik Soekarno di Gedung Sarinah. (Foto: Istimewa)

 

Lebih jauh, berdasarkan video yang diunggah oleh kanal YouTube Candrian Attahiyyat, bangunan Sarinah ini pernah tebakar hebat pada tahun 1984 silam. Uniknya patung ini selamat dan masih utuh.

Setelah insiden kebakaran itulah, patung ini justru dijadikan sebagai ruangan mekanikal dan elektrikal yang tak sembarangan orang boleh masuk dan melihatnya.

Berdasarkan video tersebut, Ketua Tim Sidang Pemugaran (TSP), Boy Bhirawa memastikan bahwa patung tersebut tidak akan akan dihancurkan dan bakal dilindungi keberadaannya, demikian dilansir laman paragram.id.

Boy juga menilai, patung tersebut melambangkan semangat bangsa Indonesia dalam membangun ekonomi yang didasari pada pemikiran dan prinsip marhaenisme milik Soekarno.

Penemuan patung dan relief milik Soekarno di Gedung Sarinah. (Foto: Istimewa)

 

Sebagaimana diketahui, Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama yang ada di Indonesia. Terletak di Jakarta Pusat dan dirikan sejak 1963. 

Lantaran bangunan ini sudah sangat lama, kini bangunan bersejarah tersebut sedang direnovasi.

Usut punya usut dan saking bersejarahnya, ternyata ketika dilakukan proses pemugaran, ditemukan sebuah peninggalan yang terbilang misterius lantaran lokasinya rahasia dan nggak sembarangan orang bisa melihatnya loh.

Hal itulah yang menyebabkan banyak orang nggak tau tentang keberadaan patung ini, bahkan pembuatnya saja tidak diketahui.

Tag: soekarno gedung sarinah sejarah gedung sarinah

Bagikan: