Jokowi Ingatkan Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Walau Sudah Vaksinasi COVID-19

Tim Editor

Jokowi (Dok. Istimewa)

ERA.id - Presiden Joko Widodo kembali mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) meskipun sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Menurutnya, itu hal yang paling penting untuk mencegah penularan virus corona.

"Meskipun nantinya sudah divaksin kita tetap jangan lupa prokes tetap dijaga secara disiplin. memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak," ujar Jokowi usai menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Jokowi mengatakan, kunci dalam menangani pandemi COVID-19 selain melalui vaksinasi adalah penerapan protokol kesehatan secara ketat. Dengan begitu, kata dia, penyebaran virus corona dapat ditekan.

"(Protokol kesehatan) ini penting karena kuncinya juga ada di situ selain vaksinasi, kunci kedua adalah menjaga prokes, hindari kerumunan, kurangi mobilitas kemana-mana," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo kembali menjalani vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Sama seperti vaksinasi pertama, kali ini dia menerima suntikan vaksin buatan Sinovac dengan dosis 0,5 mililiter yang diberikan oleh Prof. Dr. Abdul Muthalib.

Jokowi mengaku, seperti saat vaksinasi pertama menyebut dirinya tak merasakan apapun saat proses vaksin dilakukan. Kalaupun ada yang dirasakan, hanyalah pegal-pegal seperti setelah dirinya mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 untuk yang pertama kalinya pada 13 Januari lalu.

Selain Jokowi, sejumlah tokoh juga mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua seperti Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB-IDI) dr Daeng M. Faqih, Sekjen MUI Amiesyah Tambunan, Kapolri Idham Aziz, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, hingga artis Raffi Ahmad. 

Tag: jokowi covid-19 vaksin covid-19

Bagikan: