Menag Ingin Candi Borobudur Jadi Rumah Ibadah Umat Buddha Sedunia

| 29 Jan 2021 14:32
Menag Ingin Candi Borobudur Jadi Rumah Ibadah Umat Buddha Sedunia
Ilustrasi berdoa di Candi Borobudur (Dok. Instagram borobudurpark)

ERA.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ingin agar Candi Borobudur tidak hanya sekadar jadi destinasi wisata di Indonesia, tapi juga menjadi rumah ibadah bagi umat Buddha di seluruh dunia.

Hal itu disampaikan Yaqut kepada Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Buddha Kementerian Agama Caliadi di rumah dinas Menag, Komplek Widya Chandra, Jakarta Selatan.

"Kita berharap segenap ormas keagamaan dan majelis Buddha bersatu padu dalam mewujudkan Borobudur sebagai sentral rumah ibadah umat Buddha dunia," ujar Yaqut dalam keterangan terulis yang dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Jumat (29/1/2021).

Yaqut juga mengaku Kemenag siap memfasilitasi agar Candi Borobudur bisa menjadi rumah ibadah bagi umat Buddha seluruh dunia. Namun, hal itu bisa terwujud apabila umat Buddha di Indonesia juga ikut mendukungnya.

"Hal ini bisa terwujud bila umat Buddha di Indonesia bersatu dan kita siap fasilitasi," kata Yaqut.

Lebih lanjut, Ketua GP Ansor ini meminta Ditjen Bimas Buddha berperan aktif mengayomi dan menjadi penyejuk bagi ormas keagamaan dan pelbagai majelis Buddha di Indonesia.

Dia juga memberikan apresiasi kepada sejumlah ormas keagamaan Buddha yang peduli dengan kondisi bangsa di tengah pandemi COVID-19 lewat berbagai kegiatan bakti sosial.

Menanggapi hal tersebut, Dirjen Bimas Buddha Caliadi berkomitmen akan mengumpulkan seluruh ormas keagamaan dan majelis Buddha dalam satu forum untuk menyatukan suara umat Buddha Indonesia.

"Terima kasih atas arahan dan dukungan Bapak Menteri kepada umat Buddha. Dan kami di Ditjen Bimas Buddha akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada umat Buddha di Indonesia," kata Caliadi.

Seperti diketahui, Candi Borobudur merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia. Candi yang dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra ini pernah masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia dan sejak tahun 1991, Candi Borobudur ditetapkan sebagai World Heritage Site atau Warisan Dunia oleh UNESCO.

Saat ini, Candi Borobudur juga masih aktif digunakan sebagai tempat ibadah umat Buddha. Setiap tahunnya, perayaan Waisak pun dipusatkan di candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah tersebut.

Rekomendasi