3 Daerah Ini Diklaim Berhasil Tekan Angka Penularan COVID-19 Karena PPKM

| 03 Feb 2021 15:43
3 Daerah Ini Diklaim Berhasil Tekan Angka Penularan COVID-19 Karena PPKM
Ilustrasi (era.id)

ERA.id - Pemerintah mengklaim 3 dearah berhasil menekan angka COVID-19 selama penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali sejak 26 Januari 2021 lalu. Ketiga daerah itu adalah DKI Jakarta, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)Airlangga Hartarto dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (3/1/2021).

"Kemarin dari data PPKM terlihat beberapa provinsi mengalami perbaikan, yaitu Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta," kata Airlangga.

Airlangga menjelaskan, dari 98 daerah yang menjalankan PPKM, terdapat 63 kabupaten/kota yang masih berada di zona merah atau mengalami peningkatan angka COVID-19.

"Ini penurunan dari 92. Kemudian kabupaten kota dari 363 ke 362. Kemudian ada beberapa yang tetap secara nasional," katanya.

Lebih lanjut, Airlangga juga mengklaim mobilitas penduduk salama PPKM jilid 2 sudah mengalami penurunan di beberapa sektor. Meskipun di tempat kerja dan area pemukiman mobilitas masih relatif tinggi.

Kedepannya, area pemukiman akan menjadi salah satu perhatian pemerintah untuk menekan laju mobilitas penduduk. Dengan demikian, diharapkan penularan COVID-19 juga bisa berkurang.

"Mobilitas penduduk mengalami penurunan di berbagai sektor, dan tentunya yang mobilitasnya masih relatif tinggi itu adalah tempat kerja area maupun area pemukiman. Sehingga area pemukiman ini menjadi perhatian. kemudian tentu kegiatan-kegiatan dari Satgas akan terus diintensifkan," paparnya.

Airlangga bilang, untuk mengoptimalkan PPKM, Presiden Joko Widodo akan melakukan pembatasan berbasis mikro yang meliputi desa, Kampung, RT dan RW, serta melibatkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 pusat sampai Satgas terkecil.

"Tentu kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan penting untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dan penegakan hukum," kata Airlangga.

Sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito melaporkan, selama sepekan terakhir kasus COVID-19 tertinggi dicatatkan Oleh Jawa Barat yang naik hampir 100 persen dari pekan lalu. kemudian disusul oleh Kalimantan Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan kenaikan kesembuhan COVID-19 tertinggi pada pekan ini didominasi oleh Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Tags : PPKM
Rekomendasi