Kasus Bupati Sabu Raijua Mirip Archandra Tahar, DPR 'Sentil' Sinergi Data Kewarganegaraan Ganda

| 05 Feb 2021 10:30
Kasus Bupati Sabu Raijua Mirip Archandra Tahar, DPR 'Sentil' Sinergi Data Kewarganegaraan Ganda
Christina Aryani (Dok. Instagram christinaaryani)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR-RI Fraksi Partai Golkar, Christina Aryani mengatakan kasus kewarganegaraan ganda bupati terpilih Sabu Raijua pernah terjadi pada mantan pejabat publik (Archandra Tahar) yang ternyata sempat memiliki kewarganegaraan Indonesia dan Amerika Serikat.

"Saya melihat selain soal syarat administrasi kepemiluan yang saat ini sedang ditangani KPU, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri, kasus Orient ini makin memperjelas betapa pentingnya sinergi data dan pengaturan soal kewarganegaraan ganda bagi pemerintah," kata Christina dalam keterangannya, Jumat (5/2/2021).

Ia menyebutkan Pasal 23 UU 12/2006 tentang Kewarganegaraan telah mengatur hal-hal yang menyebabkan seseorang kehilangan kewarganegaraan Indonesia. Antara lain yang bersangkutan memperoleh kewarganegaraan negara lain atas kemauannya sendiri, atau memiliki paspor negara asing atas namanya.

"Kejadian ini bukan hal baru dan masih banyak WNI kita di luar negeri yang saat ini telah memiliki kewarganegaraan lain namun masih terdata sebagai WNI. Problem ini banyak mengemuka saat dilakukan pendataan ulang WNI untuk keperluan pemilu tahun 2019 lalu di Belanda," katanya.

Ia menjelaskan Komisi I DPR sudah pernah mengangkat urgensi pemutakhiran data dan sinergi data WNI di luar negeri dengan data Dukcapil. Dalam rapat kerja awal Februari ini, Menteri Luar Negeri juga telah memasukkan program penguatan sistem pendataan secara serempak di 129 perwakilan di luar negeri sebagai salah satu prioritas kerja tahun 2021. 

"Sejatinya sistem pendataan yang akurat juga akan menyediakan perbaikan infrastruktur perlindungan WNI kita di luar negeri. Tentunya salah satu harapan kami, kasus seperti Orient ini tidak akan kita temukan lagi," katanya. 

Rekomendasi