Kapan Indonesia Bebas Corona? Doni Monardo Targetkan pada 17 Agustus

| 15 Feb 2021 12:02
Kapan Indonesia Bebas Corona? Doni Monardo Targetkan pada 17 Agustus
Doni Monardo (Dok. BNPB)

ERA.id - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo menargetkan Indonesia sudah terbebas dari pandemi Covid-19 pada perayaan 17 Agustus 2021 mendatang.

Menurut Doni, optimisme tersebut mesti dibangun dengan diiringi sejumlah formula kebijakan yang tepat.

"Target kita adalah pada perayaan 17 Agustus yang akan datang maka kita betul-betul harus bebas dari Covid, artinya dalam posisi yang dapat dikendalikan," ujar Doni, dalam Rapat Koordinasi Satgas Penanganan Covid-19 melalui akun YouTube Pusdalops BNPB, Senin (15/2/2021). 

Dikatakan Doni, upaya percepatan memutus rantai penyebaran Covid-19 mutlak melibatkan masyarakat. Doni yakin, komunikasi dengan masyarakat mampu menghadirkan ide-ide dalam penanganan Covid-19.

"Karena masyarakat lah yang bisa bersama-sama untuk mencari cara terbaik melalui kesepakatan lewat pertemuan-pertemuan koordinasi, baik secara fisik maupun virtual," kata Doni. Letjen Doni Munardo menegaskan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan fokus pada pendekatan berbasis mikro. Pendekatan lewat RT/RW diyakini dapat meredam kasus aktif harian.

"Agar semua pihak menyadari bahwa yang paling penting dalam penanaman disiplin untuk patuh kepada pada protokol kesehatan. Mengikuti dan menaati semua ketentuan yang telah digariskan oleh pemerintah," tandas Doni.

Rekomendasi