Catat! Belum Ada Kasus Efek Samping Berat Vaksinasi COVID-19

Tim Editor

Vaksinasi di Tanah Abang (Dok. BPMI)

ERA.id - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengklaim belum ada efek samping serius yang ditimbulkan dari vaksinasi COVID-19. Saat ini sudah ada satu juta orang yang sudah menerima vaksin virus corona.

"Sejauh ini kami sudah melakukan vaksinasi sebanyak lebih dari 1 juta vaksinasi dan belum ada efek yang berat dari vaksinasi tersebut," ujar Dante saat mendampingi vaksinasi COVID-19 Wakil Presiden Ma'ruf Amin seperti dikutip dari kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Rabu (17/2/2021).

Dante mengatakan pemerintah akan terus melakukan percepatan proses vaksinasi hingga mencapai 70 persen dari seluruh penduduk Indonesia untuk mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok.

Dia pun menargetkan vaksinasi itu akan rampung dalam kurun waktu 12 bulan.

"Kita akan melakukan percepatan vaksinasi sehingga 70 persen dari total penduduk kita yaitu 181,6 juta nanti akan tervaksinasi dalam kurun waktu 12 bulan seperti yang kita targetkan," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo berharap, program vaksinasi khususnya bagi kelompok lanjut usia (lansia) tetap berlanjut untuk jangka waktu selanjutnya.

Dia menegaskan, proses vaksinasi bagi lansia merupakan program strategis pemerintah. Hal itu bertujuan untuk melindungi kelompok lansia yang merupakan salah satu kelompok rentan terpapar COVID-19.

"Oleh karenanya memberikan vaksin kepada lansia adalah telah memberikan perlindungan kesehatan kepada kelompok lansia dan wapres salah satu masuk kelompok lansia diatas 70 tahun," kata Doni.

 

Tag: vaksinasi vaksinasi COVID-19

Bagikan: