9.791 Pedagang di Pasar Tanah Abang Siap Vaksin COVID-19, Anies: Perhari 1.500 Orang

| 17 Feb 2021 12:20
9.791 Pedagang di Pasar Tanah Abang Siap Vaksin COVID-19, Anies: Perhari 1.500 Orang
Jokowi dan Anies Baswedan memantau vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang (Dok. Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

ERA.id - Pemerintah telah memulai vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang dimulai kepada pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, sebanyak 9.791 pedagang di Pasar Tanah Abang telah terdaftar sebagai penerima vaksin COVID-19. Rencananya, vaksinasi bakal diberikan kepada 1.500 orang per hari.

"Untuk para pedagang dan para pekerja di Pasar Tanah Abang jumlah total yang terdaftar ada 9.791 orang, per hari akan divaksin 1500 orang," ujar Anies usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Pasar Tanah Abang bersama dengan Presiden Joko Widodo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Anies menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Kesehatan telah menerjunkan sekitar 150 tenaga medis untuk melakukan vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang. Nantinya, konsep vaksinasi massal seperti yang dilaksanakan di Pasar Tanah Abang akan menjadi bentuk baku pelaksanan vaksinasi di pusat pertokoan yang ada di Jakarta.

"Ini dikerjakan bersama Kementerian Kesehatan dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, harapannya nanti semua pekerja di pusat perdagangan akan bisa mendapatkan vaksin dan dimulainya dari Pasar Tanah Abang," kata Anies.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menyebut, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Jakarta akan dilakukan secara bertahap di 153 pasar di ibu kota.

Untuk diketahui, vaksinasi COVID-19 di Pasar Tanah Abang dibagi di dua titik, yaitu di lantai 8 Blok A Tanah Abang yang ditujukan untuk para pedagang pasar, lalu di Lantai 12 Blok A, untuk para pegawai PD Pasar Jaya. 

Dalam kesempatan itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menargetkan vaksinasi kepada para pedagang di Pasar Tanah Abang akan selesai dalam kurun waktu lima hari.

"Kita harapkan dalam lima hari bisa selesai semua," kata Budi.

Sebelumnya, Plt Dirjen P2P Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, penyuntikan vaksin COVID-19 tahap kedua ini akan dimulai dari para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

"Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini akan dimulai kepada pedagang pasar yang menjadi pilot project di DKI Jakarta yaitu di Pasar Tanah Abang pada hari Rabu 17 Februari 2021," ujar Maxi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Kemenkes RI, Senin (15/2/2021).

Maxi menjelaskan, vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang digelar secara massal di Pasar Tanah Abang akan diberikan kepada 55 ribu orang pedagang. Selanjutnya, vaksinasi akan dilakukan secara bertahap untuk seluruh pedagang pasar di seluruh Indonesia. 

"Tahap awal ini vaksinasi kepada pedagang pasar akan berlangsung selama enam hari dengan menargetkan sekitar 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang. Dan kami harpakan ini akan bergulir untuk seluruh pedagang pasar yang ada di DKI dan di seluruh Indonesia," kata Maxi.

Tags :
Rekomendasi