Masyarakat Akan Divaksinasi COVID-19, Ini Persiapan Pemerintah

Tim Editor

Wiku Adisasmito (Dok. BNPB)

ERA.id - Pemerintah akhirnya akan melanjutkan program vaksinasi tahap kedua dan ketiga. Program ini nantinya akan menargetkan lansia (lansia) dan petugas layanan publik. 

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah akan melakukan pendataan untuk masyarakat yang menerima vaksinasi. Pendataan akan dilakukan sejumlah lembaga terkait.

"Pendataan akan dilakukan melalui data yang dimiliki oleh BPJS kesehatan, Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), hasil koordinasi kementrian serta Lembaga terkait," ujar Wiku dalam diskusi yang disiarkan secara daring, Selasa (16/2/2021).

Selain itu ia juga mengatakan untuk urutan vaksinasi akan menimbang beberapa hal termasuk tingkat penularan COVID-19 di daerah masing masing. Termasuk menimbang kapasitas penyimpanan vaksin.

"Terkait urutan vaksinasi pemerintah akan menimbang jumlah kasus, tingkat penularan, kesiapan kapasitas penyimpanan vaksin dan daerah yang telah mencapai cakupan vaksinasi tenaga Kesehatan," tambahnya.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan ( Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, sasaran vaksinasi tahap kedua sebanyak 38.513.446 orang. Rinciannya terdiri dari sekitar 21,5 juta di antaranya warga lanjut usia dan 16,9 adalah orang-orang yang bekerja di bidang pelayanan publik.

"Vaksinasi tahap kedua akan dimulai pada pedagang pasar di Pasar Tanah Abang, Rabu 17 Februari 2021," katanya dikutip dari Antara, Senin (15/2/2021).

Adapun sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua yaitu lansia, tenaga pendidik (guru dan dosen), pedagang pasar, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat negara, pegawai pemerintah, petugas keamanan, pelayanan publik (perangkat desa, BUMN, BUMD, dan pemadam kebakaran), petugas transportasi, atlet, wartawan dan pekerja media, sektor pariwisata (staf hotel, restoran, dan tempat wisata).

Tag: covid-19 covid-19 di indonesia vaksin covid-19 pemulihan pasca COVID-19 wiku adisasmito

Bagikan: