Kunci Strategi Utama Pelaku Usaha Bertahan Saat Pandemi

Tim Editor

Ilustrasi pelaku usaha (Dok. Antara)

ERA.id - Consultant digital Valent Mustamin menilai pandemi menimbulkan tantangan tersendiri bagi pengusaha dan pelaku UMKM. Berbagai penyesuaian untuk terus berinovasi tak hanya pada produk tetapi juga pada strategi pemasaran. Saat ini digitalisasi merupakan marketing yang paling bagus.

"Dengan adanya kebijakan PPKM mikro di beberapa daerah digital agensi sendiri dalam mendongkrak bisnis pengusaha agar tetap bertahan dan berkembang di masa pandemi ini," ujar Consultan Digital Valent Mustamin saat diskusi daring "Perkembangan Penanganan Covid-19 dan Tanya Jawab Media" pada Selasa (23/2/2021).

Ia menambahkan strategi marketing tidak fleksibel seperti sebelum pandemi. Ia menyebutkan setidaknya ada tiga strategi yang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. 

"Mungkin dari medianya, caranya, dan siapa saja yang kita sasar, dari sisi promo," katanya. 

Pada kesempatan yang sama, pengusaha konten creator Imam Priono mengatakan kini pemasaran digital memang merupakan inovasi marketing yang terbaik. Namun, permasalahannya tidak semua orang mempunyai kemampuan digitalisasi. Maka dari itu diperlukan yang namanya kolaborasi untuk bersama menghadapi tantangan dimasa pandemi saat ini.

"Pesan pelaku industri harus tetap berinovasi, dan cepat beradaptasi agar ada pembeda dengan yang lainnya. Harus berkolaborasi sama-sama dalam menghadapi Covid ini," ujar Imam. 

Tag: umkm covid-19 covid-19 di indonesia UKM

Bagikan: