Sukses Bertahan Selama Empat Dekade, Perusahaan Restoran Legendaris Ini Bagikan Tiga Kunci Supaya Bisnis Makin Laris

| 09 Oct 2021 20:56
Sukses Bertahan Selama Empat Dekade, Perusahaan Restoran Legendaris Ini Bagikan Tiga Kunci Supaya Bisnis Makin Laris
Es teler 77 (Foto: Instagram/@esteler_77)

ERA.id - Mempertahankan eksistensi suatu bisnis bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk dapat sukses melintasi berbagai generasi. Diperlukan kecermatan untuk merumuskan strategi yang tepat agar bisnis dapat berkembang dan unggul di tengah persaingan pasar, terlebih di tengah era digital di mana perilaku pelanggan sudah banyak berubah. Adaptasi terhadap perkembangan digital sangat diperlukan untuk terus mengakomodasi kebutuhan pasar layaknya yang dilakukan oleh Es Teler 77, salah satu restoran legendaris Indonesia yang mampu eksis hampir empat dekade.

Pada tahun 1982, mendiang Sukyatno Nugroho bersama istrinya, Yenny Setia Widjaja, mendirikan Es Teler 77, setelah mendapat inspirasi dari sang ibu mertua yang berhasil memenangkan lomba membuat es teler di tingkat nasional. Dari kemenangan tersebut, ia dan keluarga membuka warung es teler sederhana di bilangan Jakarta Pusat dan sekarang telah berkembang menjadi 140 gerai Es Teler 77 yang tersebar di Indonesia maupun mancanegara. Memasuki dekade keempat berbisnis, Es Teler 77 tak lagi hanya identik dengan hidangan es teler, tetapi juga berbagai menu kuliner khas Indonesia yang menjadi kegemaran masyarakat.

"Keberhasilan Es Teler 77 dalam bertahan selama hampir empat dekade tentunya bukan tanpa berbagai tantangan. Namun, hal tersebut mencerminkan komitmen kami dalam menghadirkan layanan terbaik dan berbagai makanan dan minuman yang berkualitas. Kami senantiasa melakukan perubahan terhadap strategi yang kami terapkan agar dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman. Kami harap keberhasilan kami dalam bertahan dan berkembang selama ini dapat menjadi contoh bagi pebisnis pemula yang berkeinginan merintis bisnisnya sendiri," kata Renno Restiano, Marketing Es Teler 77.

Berikut tiga kunci sukses yang diterapkan oleh Es Teler 77 untuk sukses bertahan hingga ke era digital dari rilis Shopeepay yang diterima oleh Era.id.

1. Konsistensi jadi kunci utama

Menurut Renno, kunci dari bisnis yang sukses terletak pada produk atau layanan yang ditawarkan. Untuk terus bertahan dan berkembang dari tahun ke tahun, Es Teler 77 selalu berusaha untuk mengedepankan kualitas produk dan mempertahankan cita rasa autentik yang telah membuahkan kesetiaan pelanggan.

"Tanpa konsistensi rasa dan pelayanan yang baik, akan sulit untuk mengharapkan para pelanggan untuk kembali bertransaksi di gerai kami,” jelas Renno. “Selain aspek rasa dari makanan dan minuman yang kami hadirkan, kami juga memastikan bahwa layanan yang diterima pelanggan terus konsisten sehingga dapat menghasilkan rasa nyaman dan keinginan untuk kembali ke restoran kami," ungkapnya.

2. Terbuka untuk beradaptasi sesuai zaman

Selain menjaga cita rasa masakan yang autentik, Es Teler 77 juga selalu mengikuti apa yang tengah digemari oleh masyarakat dan berinovasi dalam menciptakan menu baru.

"Kami percaya bahwa pelanggan adalah raja. Oleh karena itu, kami selalu berusaha untuk menyesuaikan strategi bisnis kami dengan keinginan masyarakat. Tidak hanya dari segi menu, tetapi juga dalam metode pembayaran yang diterima seperti ShopeePay," jelas Renno.

"Kami melihat semakin banyak masyarakat yang ingin bertransaksi secara digital. Selain lebih aman di masa pandemi, penyedia layanan digital seperti ShopeePay juga menawarkan berbagai promo menarik yang menguntungkan bagi pelanggan kami," tambahnya.

3. Maksimalkan promosi dan kolaborasi di momen yang tepat

Selama hampir empat dekade melalui pasang surut bisnis, satu lagi hal yang terus dilakukan oleh Es Teler 77 untuk mempertahankan eksistensinya adalah melakukan promosi secara strategis di momen yang tepat. Salah satu momen yang dipilih Es Teler 77 untuk melakukan promosi adalah di tanggal cantik setiap bulannya.

"Berkat tiga kunci sukses inilah Es Teler 77 dapat terus bertahan selama hampir empat dekade, dan bahkan dalam situasi pandemi sekalipun. Di tengah pandemi, layanan pesan antar makanan seperti ShopeeFood juga sangat membantu kami untuk terus menghadirkan kemudahan dan keuntungan berlebih dengan beragam promo menarik bagi para pelanggan kami yang ingin bersantap dari rumah,"jelas Renno.

"Setiap bisnis memiliki kesempatan untuk sukses dan bertahan selama beberapa dekade, namun ketiga hal tersebut sebaiknya selalu dilakukan agar dapat terus bertahan dan berkembang seiring perkembangan zaman,” tutup Renno.

Rekomendasi