Program Kartu Prakerja yang Paling Diminati dan Berpelung Tinggi di Masyarakat

| 23 Dec 2023 08:00
Program Kartu Prakerja yang Paling Diminati dan Berpelung Tinggi di Masyarakat
Program kartu prakerja yang paling diminati (Era)

ERA.id - Program Kartu Prakerja yang diperkenalkan sejak April 2020 telah mencapai puncak antusiasme masyarakat di berbagai lapisan. Menariknya, terdapat program kartu prakerja yang paling diminati masyarakat Indonesia.

Kartu Prakerja sendiri menyediakan beragam kategori pelatihan yang dapat Anda pilih, mulai dari keterampilan teknis hingga panduan memulai dan mengembangkan bisnis.

Pilihan pelatihan meliputi strategi berjualan online, keterampilan fotografi, penggunaan aplikasi komputer, kursus bahasa, keahlian perawatan kecantikan, pelatihan kebugaran, hingga cara menghasilkan pendapatan melalui media sosial, dan banyak lagi.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut program Prakerja, mengulas sejumlah data terkini, dan secara spesifik menjelajahi program-program yang paling diminati oleh masyarakat.

Apa Saja Program Kartu Prakerja yang Paling Diminati?

  1. Digital Marketing

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak serius terhadap dunia usaha, dan memaksa beberapa perusahaan untuk melakukan PHK sehingga mengakibatkan penutupan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam menghadapi tantangan ini, inovasi usaha menjadi kunci untuk bertahan.

Salah satu solusi yang muncul adalah membuka usaha secara online melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok, yang menjadi tempat terfavorit bagi pengguna internet di Indonesia. Dengan lebih dari 202,6 juta pengguna internet pada awal tahun 2021, peluang untuk mengembangkan bisnis online semakin besar.

Pelatihan menjadi pengusaha online menjadi langkah penting untuk membantu korban PHK, UMKM, dan calon wirausaha agar dapat memahami dan mengimplementasikan strategi pemasaran produk secara efektif di dunia digital.

  1. Kuliner

Di sektor kuliner, bisnis makanan dan minuman tetap menjadi pilihan yang diminati banyak orang. Kebutuhan dasar manusia terhadap pangan, terutama makanan siap konsumsi, terus meningkat seiring dengan perubahan gaya hidup dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat cenderung mencari makanan yang praktis dalam segi pembuatan, penyajian, dan konsumsi. Bisnis kuliner memiliki peluang di berbagai lapisan ekonomi, dari pasar tradisional hingga restoran mewah.

Kesempatan ini menciptakan potensi bagi para pengusaha untuk memulai bisnis kuliner dengan modal yang relatif kecil namun menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

bisnis makanan dan minuman tetap menjadi pilihan yang diminati (unsplash)
  1. Editing

Selama masa pandemi, pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa perlu tatap muka semakin diminati. Pelatihan yang mendukung pekerjaan tanpa tatap muka, seperti editing video, menjadi pilihan yang populer.

  1. Penata Rias

Gaya hidup juga menjadi fokus pelatihan yang banyak diminati, seperti tata rias dan fotografi. Beberapa peserta bahkan berhasil menjalankan profesi seperti penata rias secara mandiri dari rumah.

  1. Pelatihan Bahasa Asing

Pelatihan bahasa asing juga menjadi tren, khususnya Bahasa Inggris yang menjadi pilihan utama. Meskipun ada pelatihan untuk bahasa asing lainnya seperti Bahasa Mandarin dan Bahasa Korea, namun pilihan untuk Bahasa Inggris tetap mendominasi.

  1. Pengembangan Diri

Pengembangan diri dan karir juga menjadi kategori pelatihan yang banyak diminati. Topik seperti teknik wawancara, keterampilan melamar pekerjaan, dan topik sejenisnya menarik minat banyak peserta.

  1. Teknologi Informasi

Terakhir, dalam daftar ini adalah pelatihan di bidang teknologi informasi. Meskipun membutuhkan usaha dan waktu yang cukup, pelatihan seperti desain grafis dan coding tetap diminati oleh banyak orang. Pelatihan-pra kerja di bidang ini membuktikan bahwa minat dalam mengembangkan keterampilan teknologi informasi tetap tinggi.

Selain program kartu prakerja yang paling diminati, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi