NasDem 'Panaskan Mesin Partai', Konvensi Capres 2024 Akan Digelar

Tim Editor

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). (Foto: Antara)

ERA.id - Partai NasDem akan segera menggelar konvensi calon presiden (capres) untuk 2024. Rencananya, konvensi capres mulai dilakukan pada 2022.

"Partai Nasdem mempersiapkan secara sungguh-sungguh konvensi calon presiden di awal ini pada tahun 2022," ujar Sekretaris Jenderal NasDem Johnny Plate dalam konferensi pers secara daring, Kamis (25/2/2021).

Johnny menjelaskan, konvensi capres ini merupakan salah satu langkah Partai NasDem untuk mewujudkan keterbukaan bagi anak bangsa yang pantas dan berkualitas untuk memimpin bangsa dan negara sesuai konstitusi. Dia memastikan, konvensi capres ini juga akan dilakukan dengan mengedepankan prinsip keterbukaan dan pendekatan dari bawah kepada setiap calon.

"Konvensi capres ini akan mengedepankan prinsip transparansi dan bottom up approach sehingga berefek positif pada penguatan kelembagaan Partai NasDem sebagai ruang dan basis rekrutmen pemimpin nasional," kata Johnny.

Konvensi Capres NasDem, kata Johnny, akan terbuka untuk semua pihak. Artinya, tidak hanya dari internal partai dan koalisi pendukung saja, naamun juga membuka pintu untuk semua pihak. Hal tersebut sekaligus untuk membuktikan bahwa NasDem bukan partai politik yang inklusif. Melainkan terbuka dengan pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat.

"Melalui konvensi capres Partai Nasdem menegaskan sebagai partai inklusif yang membuka ruang menerima pemikiran dan pandangan politik dari berbagai kalangan masyarakat," kata Johnny.

Selain konvensi capres, NasDem juga juga akan membentuk koalisi dengan partai yang memiliki kesamaan visi dan misi. Koalisi lebih awal ini agar calon presiden yang dihasilkan dari konvensi telah memiliki tiket untuk maju di Pilpres 2024. Koalisi ini ditargetkan akan memenuhi ambang batas calon presiden 20 persen suara parlemen.

"Dalam peyelenggaraan konvensi capres Nasdem membangun kerja sama politik bersama rekan partai koalisi konvensi capres yang platform visi dan misi sama dan sejalan," pungkasnya.

Tag: nasdem calon presiden konvensi capres Sekretaris Jenderal NasDem Johnny Plate Johnny Plate

Bagikan: