Ancang-Ancang Pilpres 2024, Pengamat: 99,9 Persen Airlangga Hartarto Maju Capres

Tim Editor

Airlangga Hartarto (Dok. airlanggahartarto_official)

ERA.id - Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin meyakini Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bakal maju sabagai calon presiden (capres) 2024. Hal tersebut merespon sejumlah safari politik yang dilakukan oleh Airlangga ke beberapa ketua umum partai politik lain belakangan ini.

"Saya berkeyakinan 99,9 persen Airlangga akan maju sebagai capres di 2024 nanti," ujar Ujang saat dihubungi, Sabtu (6/3/2021).

Ujang menilai, Airlangga sudah memiliki modal yang cukup kuat untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024. Posisi Airlangga sebagai ketua umum partai politik pemegang suara terbanyak, cukup menjadi modal untuk capres mendatang.

Lagipula, kata Ujang, sudah menjadi naluri politisi senior sekelas Airlangga untuk mencalonkan diri di Pilpres 2024. Sebab karir politiknya terbilang moncer, selain menjadi ketum parpol, Airlangga juga merupakan Menteri Koordinator bidang Perekonomian di Kabinet Indonesia Maju

"Sebagai Ketum Golkar Airlangga punya potensi untuk menjadi capres," kata Ujang.

"Jadi menteri sudah. Saat ini Menko pula. Jadi kemungkinan Airlangga ingin naik yang lebih tinggi lagi yaitu capres atau cawapres. Itu keinginan naluriah dan alamiah politisi," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto belakangan kerap melakukan safari politik kepada sejumlah ketua umum partai politik. Salah satunya dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Pulau Kali Age, Kepulauan Seribu pada Minggu (14/2/2021). Diketahui, NasDem mewacanakan konvensi calon presiden (capres) untuk diusung dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tanjung menyebut, Airlangga tak hanya menemui Surya Paloh. Tapi juga menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PPP  Suharso Monoarfa dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Namun, pertemuan itu hanya pertemuan antar sesama ketua umum partai politik dalam upaya membangun kebersamaan, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19.  Mengenai kontestasi Pilpres 2024, Doli mengaku hingga saat ini aspirasi sebagian besar kader Golkar masih mengharapkan Airlangga Hartarto sebagai capres di 2024.

"Soal Pilpres, hingga saat ini, aspirasi dari warga Partai Golkar yang ada hanyalah keinginan untuk mencalonkan Pak Airlangga sebagai calon presiden. Jadi kami belum terfikir lain, selain itu," pungkasnya.

 

Tag: airlangga hartarto golkar pilpres 2024 rapimnas golkar

Bagikan: