Kemenkumham Janji Akan Proses Hasil KLB Partai Demokrat Moeldoko

| 08 Mar 2021 11:57
Kemenkumham Janji Akan Proses Hasil KLB Partai Demokrat Moeldoko
Ilustrasi (Gabriella Thesa/era.id)

ERA.id - Hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat akan dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) hari ini, Senin (8/3/2021). Kemenkumham berjanji akan memproses hasil KLB Demokrat di Deli Serdang, Medan, Sumatera Utara. 

Sebelumnya, hasil KLB Deli Serdang menetapkan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat.

"Kami akan terima dan proses verifikasi akan berjalan sesuai dengan aturan," kata Staf Khusus (Stafsus) Menteri Hukum dan HAM, Ian Siagian lewat pesan singkat, Senin (8/3/2021).

Kemenkumham memastikan proses verifikasi terkait keabsahan KLB Partai Demokrat di Deli Serdang akan berjalan tanpa intervensi dan dilakukan secara adil. Dia enggan menanggapi soal pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyebut KLB Deli Serdang ilegal.

"Hak mereka mengatakan ilegal, tapi pemerintah harus hadir dan fair, tidak berpihak," ucap Ian.

Sebelumnya, KLB Partai Demokrat digelar di The Hill Hotel & Resort, Sibolangit, Sumatera Utara. Kongres itu menetapkan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat. Pengurus DPP Demokrat hasil KLB Sumut rencananya akan mendaftarkan susunan kepengurusan ke Kemenkumham pada hari ini.

"Iya, dinotariskan dulu, baru kita daftarkan," ujar politikus senior Demokrat Tri Yulianto.

Rekomendasi