Pemerintah Indonesia Terima 1,1 Juta Dosis Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Tim Editor

Retno Marsudi (Dok. Antara)

ERA.id - Pemerintah Indonesia menerima kedatangan vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca sebanyak 1,1 juta dosis. Vaksin tersebut tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jawa Barat, Senin (8/3/2021).

"Pada hari ini Indonesia menerima pengiriman pertama vaksin AstraZeneca sebesar 1.113.600 vaksin jadi. Dengan total berat 4,1 ton yang terdiri dari 11.136 karton," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalan konferensi pers usai menerima kedatangan vaksin di Bandara Soekarno-Hatta.

Retno mengatakan, vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca merupakan vaksin yang didapatkan dari kerja sama multilateral dari GAVI melalui skema COVAX.

Adapun 1,1 juta vaksin COVID-19 buatan AstraZenaca yang baru tiba ini merupakan batch pertama pengiriman vaksin yang didapat dari jalur multilateral. Nantinya, pemerintah Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin. Pengiriman batch pertama akan berlangsung hingga Mei 2021.

"Ini adalah bagian awal dari batch pertama pemberian vaksin melalui jalur multilateral, di mana Indonesia akan memperoleh 11.704.800 vaksin jadi, dan pengiriman batch pertama akan dilakukan hingga Mei 2020 dan insya Allah menurut rencana akan diikuti batch selanjutnya," kata Retno.

Retno menyebut kedatangan vaksin ini tak lepas dari kerja sama antar kementerian, lembaga dan kerjasama berbagai pihak internasional. Juga kerja sama internasional dengan negara donor, GAVI, WHO, UNICEF dan lainnya.

"Ketibaan vaksin dari jalur multilateral ini, tidak terlepas dari kerjasama antara kementerian dan lembaga terkait di Indonesia dan juga kerja sama dengan berbagai pihak internasional, negara donor GAVI, internasional, UNICEF dan lain-lain. Untuk itu kami sampaikan apresiasi tinggi atas semua kerja sama yang diberikan," pungkasnya.

Tag: retno marsudi covid-19 vaksin covid-19 AstraZeneca

Bagikan: