Kabar Baik! 3,8 Juta Vaksin AstraZeneca dari GAVI Akan Tiba di Indonesia Malam ini

Tim Editor

Vaksin AstraZaneca (Dok. BPMI)

ERA.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, sebanyak 3,8 juta dosis vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca akan tiba di Indonesia pada Senin (26/4/2021) malam nanti. Vaksin tersebut merupakan hasil kerja sama bilateral dari COVAC-GAVI Facility.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia sempat mengalami kelangkaan vaksin COVID-19 akibat embargo vaksin dari negara India yang merupakan produsen vaksin AstraZeneca.

"Rencananya akan datang nanti malam 3,8 juta vaksin dari AstraZeneca dalam skema GAVI," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).


Budi menambahkan, pada bulan Mei vaksin COVID-19 AstraZenca akan tiba kembali di Indonesia sebanyak dua kali, masing-masing berjumlah 3,8 juta dosis. Total, akan ada sebanyak 11,7 juta vaksin AstraZeneca yang akan didatangkan ke Indonesia.

Selain vaksin COVID-19 dari AstraZenec, pemerintah juga bakal mendapat tambahan vaksin dari Sinovac sekitar 25 juta dosis di bulan April dan Mei.

"Ada tambahan vaksin Sinovac akan masuk antara 10 juta dosis sampai 15 juta dosis untuk bulan April dan Mei," kata Budi.

Sebelumnya, sebanyak 1,1 juta dosis vaksin COVID-19 dari AstraZeneca yang tiba di Indoensia pada Maret lalu, telah habis terpakai dan didistribusikan ke sejumlah daerah di Indonesia. Vaksin buatan perusahan farmasi dari Eropa ini digunakan untuk program vaksinasi COVID-19 untuk tahap kedua.

Pemerintah sebelumnya juta telah mengumumkan menipisnya jumlah ketersedian vaksin COVID-19 akibat emargo vaksin dari sejumlah negara.




Tag: vaksin covid-19 AstraZeneca

Bagikan: