Tol Japek II Selatan Ditargetkan Rampung Maret 2022

| 08 Mar 2021 22:45
Tol Japek II Selatan Ditargetkan Rampung Maret 2022
Ilustrasi Jalan tol (Dok. Antara)

ERA.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan konstruksi jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Seksi 3 ruas Taman Mekar-Sadang akan rampung pada akhir kuartal I/2022.

Ruas jalan tersebut menghubungkan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi).

"Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan produktif seperti ini akan memperlancar aksesibilitas masyarakat, mengurangi biaya logistik, dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dikutip dari laman resmi kementerian PUPR, Senin (8/3/2021).

Jalan Tol Jakarta – Cikampek II  Selatan membentang sepanjang 62 Kilometer (Km) dengan biaya senilai Rp 8.8 triliun, terbagi dalam 3 (tiga) seksi pembangunan yaitu seksi 1  Jatiasih - Setu sepanjang 9,3 Km, seksi 2 Setu-Taman Mekar sepanjang 24,85 Km, dan seksi 3 Taman-Mekar Sadang sepanjang 27,85 Km. 

Diperkirakan, seksi 1 dan 2 saat ini sedang dalam tahap pembebasan tanah dan ditargetkan konstruksinya rampung Juni 2022. Sedangkan seksi 3 progres konstruksinya telah mencapai 42,58 persen dan ditargetkan rampung Maret 2022. 

Rencananya Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki 7 (tujuh) buah Gerbang Tol (GT) yaitu, GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. 

"Keberadaan jalan Tol Japek II Selatan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan wilayah kawasan industri, perumahan, maupun wisata sepanjang trase jalan tol tersebut," tambah Basuki Hadimuljono

Rekomendasi