Seleksi PPPK Kemendikbud Dimulai Agustus, untuk Guru Honorer Sekolah Negeri

| 10 Mar 2021 12:31
Seleksi PPPK Kemendikbud Dimulai Agustus, untuk Guru Honorer Sekolah Negeri
Ilustrasi Gur Honorer (Antara)

ERA.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan, seleksi guru untuk formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dimulai pada Agustus 2021. Ada 513.393 formasi yang tersedia.

Akan ada tiga tahap pelaksanaan tes seleksi, pertama di Agustus, lalu Oktober dan terakhir di Desember mendatang. 

"Nanti ujian seleksinya adalah Agustus 2021, akan ada 3 ujian seleksi. Ada 3 nanti, satu di bulan Agustus, Oktober dan Desember," ujar dia dalam Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi X DPR RI, Rabu (10/3).

Menurut Nadiem, yang akan mendapatkan jatah pertama untuk seleksi adalah guru honorer di sekolah negeri. Sebab, PPPK sendiri merupakan skema yang diperuntukkan untuk mengisi kebutuhan guru di sekolah negeri.

"Ujian seleksi pertama di bulan Agustus, untuk pertama itu untuk honorer di dalam sekolah negeri masing-masing, kenapa yang sekolah negeri, karena mereka sudah lokasinya disitu, jadi diberikan ronde pertama di Agustus, lalu sisanya dapat bergabung di ronde berikutnya," sambungnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan alasan pemerintah membuka rekrutmen untuk 1 juta guru PPPK.

"Alasannya kenapa kami berhasil memperjuangkan angka itu adalah dengan kondisi adanya tes seleksi. Padahal sebelumnya formasi kapasitas kita nggak pernah sebesar itu. Itu karena ada tes minimum kompetensi yang dilakukan, itu kondisi kenapa kita berhasil mendapatkan kapasitas 1 juta guru," pungkasnya. 

Rekomendasi