Kebut Vaksinasi Lansia, Dinkes Bandung Susun Strategi Agar Capai Target

| 15 Mar 2021 18:20
Kebut Vaksinasi Lansia, Dinkes Bandung Susun Strategi Agar Capai Target
Ilustrasi COVID-19 (Era.id)

ERA.id - Gencar vaksinasi untuk lansia, Dinas Kesehatan Kota Bandung lakukan berbagai strategi agar seluruh lansia yang ada di Kota Bandung mendapatkan vaksin secara merata. Pasalnya, selama 2 minggu lansia yang divaksin berada di angka 16ribu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan saat perlu keterlibatan pihak lain dalam mempercepat vaksinasi, salah satunya menggandeng yayasan, lembaga dan institusi agar 118 ribu lansia yang ada di Kota Bandung tercapai.

Ahyani mengatakan ada kendala yang perlu diperbaiki, yaitu kurangnya informasi vaksin lansia untuk warga Bandung. Kemudian masih banyak lansia yang tersebar di Kota Bandung sehingga sulit mengumpulkan dalam satu tempat.

"Datanya nggak kaya kantor terkumpul, lansia ada di mana-mana saat mendaftar ke kemenkes tidak semua terinformasikan dengan benar," ujar Ahyani kepada wartawan di jalan Nana Rohana No. 37 kota Bandung, Senin (15/03/2021).

Selain mengimbau Puskesmas agar lebih gencar, dirinya menilai keterlibatan organisasi lansia di Bandung diharapkan menjadi cara yang efektif, sehingga lansia bisa segera divaksinasi.

Total pelayan publik pada tahap dua yang sudah divaksinasi Covid-19 sebanyak 84.4 persen, sedangkan tenaga kesehatan sebanyak kurang lebih 63.4 persen. Proses vaksinasi terhadap lansia yang relatif berjalan panjang karena tahapan yang banyak. 

"Yang memang memerlukan percepatan adalah lansia mengapa kesatu secara sasaran banyak 118 ribu orang, kedua proses tahapannya lebih panjang screening dulu, nggak bisa tiba-tiba dikumpulkan harus didata dengan benar lansia sangat hati-hati. Lansia secara kumulatif sudah lumayan tinggi sudah sekitar 16 ribuan dalam lima hari," paparnya.

Perihal ketersediaan vaksin sendiri, Ahyani mengatakan masih ada, namun untuk pelayanan publik pihaknya masih menunggu dari pusat. Sambil menunggu vaksin untuk tindakan selanjutnya Ahyani masih fokus berikan vaksin kepada lansia terlebih dahulu.

Rekomendasi