Sebut Risma Sering Nangis Saat Curhat Soal Ini, Megawati: Badannya Makin Kurus Sejak Jadi Mensos

| 24 Mar 2021 19:40
Sebut Risma Sering Nangis Saat Curhat Soal Ini, Megawati: Badannya Makin Kurus Sejak Jadi Mensos
Tri Rismaharini saat jadi Wali Kota Surabaya tak mampu menahan tangis saat melihat begitu banyaknya bantuan dari BIN untuk menangani pandemi Covid-19 di kota Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Surabaya)

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini semakin kurus sejak menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos). Selain itu, Risma juga kerap menangis ketika bertemu dengan Megawati.

Menurut Megawati, Risma menjadi kurus lantaran prihatin melihat banyak anak-anak dan lansia yang terlantar di kolong-kolong jembatan.

"Saya melihat, waduh, Mbak Risma kok wes kurus dah, baru juga berapa lama jadi menteri. Makan hati dia karena apa? Ngelihatin orang jompo lah di kolong jembatan," ujar Megawati dalam acara peluncuran buku "Merawat Pertiwi" yang disiarkan secara daring, Rabu (24/3/2021). 

Tak hanya itu, Megawati juga menceritakan Risma kerap menangis saat curhat perempuan dan anak Indonesia yang kerap menghadapi kekerasan dalam kehidupan rumah tangga. Tak jarang Megawati memberi semangat kepada Risma agar tak putus asa menyelesaikan masalah tersebut.

"Gimana ya Bu? Lah itu tugasmu. Lah iya, tapi kalau kayak gini kabeh (seperti ini semua) lalu gimana? Itulah tugas kita menyelamatkan anak bangsa ini," kata Megawati.

Terkait soal kekerasan dalam rumah tangga, Megawati juga meminta agar para perempuan tak diam saja jika mendapatkan perlakuan kekerasan, khususnya dari suami sendiri.

"Kalau dikampleng bapak, laporkan saja. Karena undang-undangnya sudah ada. Saya yang buat UU KDRT dan perlindungan anak. Jangan takut dicerai suami. Suami kalau begitu ngapain? Maaf beribu maaf ya. Apa yang kalian lakukan? Keluarga kan semestinya dinaungi, diberi kesehatan, diberi pendidikan," kata Megawati.

"Bayangkan ada yang dibegitukan, kita mestinya membela. Jangan dibiarkan saja," pungkasnya. 

Rekomendasi