Kemenkumham Akan Umumkan 'Nasib' Demokrat, Kubu Moeldoko: Kemenkumham Jangan Didesak

| 31 Mar 2021 09:40
Kemenkumham Akan Umumkan 'Nasib' Demokrat, Kubu Moeldoko: Kemenkumham Jangan Didesak
Pengurus Demokrat KLB Sumut (Gabriella/ Era.id)

ERA.id - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bakal menyampaikan keputusan mengenai kepengurusan Partai Demokrat hasil kongres luas biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara. Pengumuman akan dilakukan siang ini, Rabu (31/3/2021).

Juru bicara Partai Demokrat versi KLB Muhammad Rahmad mengaku pihaknya tak mau berspekulasi. Kubu Moeldoko, kata dia, hanya dalam posisi sabar menanti keputusan dari pemerintah.

"Biarkan Kemenkumham bekerja dengan tenang dan nyaman. Jangan didesak-desak. Kita tunggu saja hasilnya dengan sabar," ujar Rahmad saat dihubungi wartawan, Rabu (31/3/2021).

Terkait langkah lanjutan usai keputusan Kemenkum keluar, Rahmad juga enggan berkomentar. Dia hanya meminta semua pihak bersabar.

"Kita tunggu saja hasilnya dengam sabar," kata Rahmad.

Untuk diketahui, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly didampingi Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) dijadwalkan akan menyampaikan eputusan keabsahan KLB Partai Demokrat.

Berdasarkan undangan yang tersebar, pengumuman akan digelar pada Rabu (31/3), pukul 21.30 WIB secara daring. Sebelumnya, Yasonna berjanji akan menjamin mengambil keputusan secara profesional dan mengkaji sesuai hukum permohonan Demokrat KLB Deli Serdang.

"Kita akan pelajari betul-betul secara kalau betul-betul tidak sesuai hukum, tidak sesuai AD/ART kita ambil keputusan itu," kata Yasonna dalam rapat dengan Komisi III DPR RI, Rabu (17/3).

Rekomendasi