Bamsoet: Teroris Penyerang Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin, Tapi Anggota Club Tembak Airsoft Gun

| 31 Mar 2021 20:40
Bamsoet: Teroris Penyerang Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin, Tapi Anggota Club Tembak Airsoft Gun
Bamsoet (Dok. MPR RI)

ERA.id - Beredar foto teroris yang menyerang Mabes Polri memiliki kartu tanda anggota Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin). Di bawah tulisan Perbakin tertulis Basis Shooting Club dan nomor anggota. Lalu tertera juga nama Zakiah Aini dan terpampang foto yang bersangkutan. 

Terkait hal ini, Anggota Dewan Penasihat PB Perbakin Bambang Soesatyo telah mengecek database Perbakin. Ia memastikan Zakiah tidak terdaftar sebagai anggota Perbakin. 

"Setelah saya cek di database Perbakin yang bersangkutan tidak terdaftar. Dia bukan anggota Perbakin. KTA-nya keanggotaan club nembak airsoft gun," kata Bamsoet pada wartawan, Rabu (31/3/2021).

Bamsoet pun menunjukkan contoh kartu Perbakin yang benar. Ia mencontohkan kartu keanggotannya di Perbakin. Kartu anggotanya memang berbeda dengan milik Zakiah. Perbedaannya mulai dari warna kartu, template informasi hingga desain kartu. 

Kartu Anggota Zakiah (Dok. Istimewa)

Kartu anggota Basis Shooting Club yang beredar (Dok. Istimewa)

"Ini contoh kartu Perbakin yang benar. Untuk menjadi anggota Perbakin harus ikut penataran dan test keahlian. Ada tiga jenis kode di atas kanan kartu untuk spesifikasinya. TS-Tembak Sasaran, TR-Tembak Reaksi, dan B-Berburu," kata Bamsoet.

"Dan Basis Shooting Club sudah tidak tercatat lagi di Pengprov PERBAKIN DKI," kata Bamsoet. 

Kartu anggota Perbakin milik Bamsoet (Dok. Bamsoet)

Sebelumnya, Mabes Polri diserang orang tak dikenal. Orang tersebut membawa senjata api. Dalam video yang beredar, ia sempat menodongkan pistolnya ke arah petugas. Terlihat sejumlah ciri-ciri pelaku penyerangan tersebut.

Dari foto yang diterima, Senin (31/3), tampak pelaku penyerangan ini memakai baju perempuan, mengenakan pakaian serba hitam dan penutup kepala menyerupai jilbab berwarna biru tua.

Rekomendasi