KSP Sebut Jokowi Bakal Lantik Mendikbud Baru, Nadiem 'Tersingkir?'

| 14 Apr 2021 12:55
KSP Sebut Jokowi Bakal Lantik Mendikbud Baru, Nadiem 'Tersingkir?'
Nadiem Makarim (Anto/ era.id)

ERA.id - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menyebut Presiden Joko Widodo bakal melantik menteri baru untuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Riset dan Teknologi (Kemendikbud/Ristek) pada reshuffle kabinet dalam waktu dekat ini. Adapun Mendikbud saat ini masih dijabat oleh Nadiem Makarim.

"Presiden insya Allah akan melantik menteri baru Menteri Dikbud/Ristek," ujar Ngabalin seperti dikutip dari akun Twitter pribadinya @AliNgabalinNew, Rabu (14/4/2021).

Selain itu, Ngabalin mengatakan akan ada menteri baru untuk jabatan Menteri Investasi. Menurutnya, menteri itu akan merangkap jabatan di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Untuk diketahui, kepala BKPM saat ini masih dijabat oleh Bahlil Lahadalia.

"Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan dan siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden dan kita tunggu saja," cuit Ngabalin

Ngabalin mengatakan, reshuffle bakal digelar sekitar pekan ini atau pekan depan. Menurutnya, Jokowi merupakan sosok yang tidak mau berlama-lama menunda pekerjaan, apalagi Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sudah berpamitan lantaran kementeriannya digabung ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kita tunggu pekan-pekan ini atau bisa pekan depan sebab biasanya presiden tidak lambat dalam mengambil keputusan apalagi menterinya sudah pamit kan," kata Ngabalin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (14/4/2021).

Sebelumnya, DPR RI telah menyetujui Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian, yang ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/4/2021).

Surat itu berisi usulan pemerintah menggabungkan Kemendikbud dengan Kemenristek. Selain itu, pemerintah juga mengusulkan pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Menanggapi keputusan tersebut, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro pernah mengungkapkan kesedihannya karena menjadi menristek terakhir di Indonesia. Hal ini dinilai sebagai sinyal dari Bambang untuk berpamitan dari jabatannya.

"Secara pribadi saya juga merasa tidak enak, merasa sedih karena boleh dibilang saya jadi menristek terakhir. Karena risteknya tidak lagi menjadi kementerian yang berdiri sendiri," ujar Bambang seperti dikutip dalam diskusi daring yang disirakan kanal YouTube IABIE pada Senin (12/4/2021).

Rekomendasi