Aksi Pesawat Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembak Rudal Canggih KH-29TE Buatan Rusia

| 20 Apr 2021 08:31
Aksi Pesawat Sukhoi SU-30MK2 TNI AU Tembak Rudal Canggih KH-29TE Buatan Rusia
Rudal KH-29TE (Dok. Dispenau

ERA.id - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, mengapresiasi keberhasilan para penerbang TNI AU melaksanakan uji penembakan rudal udara ke permukaan, KH-29TE dari pesawat Sukhoi Skadron Udara 11 ke sasaran di Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi Lumajang, Jawa Timur

Hal itu disampaikan KSAU saat menyaksikan langsung uji penembakan melalui video telekonferensi dari Ruang Puskodalau Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (19/4).

"Uji penembakan ini dapat meningkatkan profesionalisme dan kemampuan penerbang Sukhoi Skadron Udara 11 dalam melaksanakan penembakan sasaran permukaan berupa target strategis, seperti jembatan, gedung dan kapal laut serta target lainnya dengan menggunakan Rudal KH-29TE yang merupakan Smart Air To Ground Missile," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, masing-masing pesawat SU-30MK2 membawa satu Rudal KH-29TE. Pesawat take off dari Lanud Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan, dan langsung menuju sasaran di AWR Pandanwangi, Lumajang yang selanjutnya Kembali ke home base serta melakukan pengisian bahan bakar di udara (Air Refueling) dengan pesawat KC-130 Herkules Skadron Udara 32.

KH-29TE adalah jenis rudal udara ke permukaan atau Air to Surface Missile (ASM) buatan Rusia untuk menyerang sasaran permukaan baik di darat maupun di laut/air. Diluncurkan dari jarak jauh tanpa berada dalam jangkauan pertahanan udara target.

Rudal ini merupakan pengembangan dari Rudal KH-29T pada aspek jarak jangkau lebih jauh. Rudal tersebut dilengkapi pelacak optik otomatis ke objek, yang dapat dipandu pilot dari dalam kokpit menggunakan TV pasif (passive TV guided).

Rekomendasi