Curhat Peringatan Dini Bencana 'Tak Laku', Kepala BMKG: Kalah Trending dengan Pernikahan Atta-Aurel

| 24 Apr 2021 07:40
Curhat Peringatan Dini Bencana 'Tak Laku', Kepala BMKG: Kalah Trending dengan Pernikahan Atta-Aurel
Dwikorita Karnawati (Dok. Antara)

ERA.id - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, menumpahkan curahan hatinya (curhat) di depan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan sejumlah menteri dan pejabat di sektor kebencanaan.

Saat hadir dalam acara forum diskusi sekaligus peluncuran Gerakan Budaya Siaga Bencana, Dwikorita mengungkapkan, bahwa seringkali peringatan dini atau informasi yang disampaikan lembaganya kerap diabaikan masyarakat.

Salah satunya contohnya, baru-baru ini, pernikahan pasangan selebritas, Atta-Aurel, lebih menonjol ketimbang pada waktu bersamaan dengan informasi BMKG yang menyampaikan badai atau siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur. Belakangan diketahui bahwa siklon tropis mengakibatkan bencana alam yang dahsyat yakni banjir bandang di Nusa Tenggara Timur.

"Jadi kalau informasi dari BMKG mohon maaf, kami mengeluarkan peringatan dini tidak selalu mendapatkan perhatian. Itu pelajaran bagi kami berarti peringatan dini kami kalah menarik," kata Dwikorita dikutip Sabtu (24/4/2021).

"Nah misalnya peringatan Seroja ada pakar media sosial menganalisis, saat peringatan dini dikeluarkan itu trending-nya naik. Tapi setelah jam 12 malam kalah dengan trending-nya pernikahan siapa Atta - Aurel. Jadi sudah kalah ini," sambungnya,

Walau begitu, Dwikorita bilang, pihaknya pun tetap mengoreksi diri. Ke depan dan selalu yang menjadi penakanan olehnya bagaimana memberi pemahaman agar masyarakat sadar terhadap bencana.

Ia lantas memberi contoh lagi, saat peringatan dini banjir Jakarta beberapa waktu lalu juga tak dihiraukan masyarakat. Menjadi heran, lanjut dia, justru peringatan dini mengenai banjir di Ibu Kota lebih menjadi rujukan ketika datang dari pihak Kedubes AS, yang datanya datang dari BMKG.

"Sebelumnya juga terjadi saat kejadian banjir di Jakarta kami memberikan peringatan dini seminggu sebelumnya, diulangi lagi 3 hari sebelumnya, dan sehari sebelumnya bersama Pak Doni (Doni Monardo Kepala BNPB, red). Tetapi ternyata masih tidak menjadi perhatian. Begitu Kedutaan Amerika menggunakan data BMKG untuk memberikan peringatan dini, semuanya karena bahasa Inggris, semuanya tertarik," tutur Dwikorita.

Menurut Dwikorita, data-data mengenai kebencanaan di Tanah Air sudah terang benderang. Sebagai gambaran, data di tahun ini selama 3 bulan terakhir, kejadian gempa bumi grafiknya selalu meningkat. Mulai Januari sebanyak 662 kali, kemudian Februari 526 kali dan Maret hingga 920 kali. Dan peristiwa alam tersebut terjadi, lanjut perempuan pertama yang pernah menjabat Rektor UGM ini, tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi sudah menjadi fenomena alam di berbagai negara.

Dan ia pun mendorong, terus dioptimalkannya sistem integrasi informasi mengenai peringatan dini tsunami yang berada di bawah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PMNVBG) Kementerian ESDM. Sistem pemantauan peringatan tsunami itu harusnya juga terkoneksi dengan BMKG. Karena kejadian tsunami beberapa kali diawali oleh erupsi gunung api yang dipantau oleh PVMBG.

"Jadi mohon izin kami menyampaikan kendala ini yang benar - benar kami sangat mengkhawatirkan. Saat ini (kami sudah) bekerja sama dengan Badan Geologi kami telah berhasil mendapatkan integrasi data langsung dari monitoring Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda. Tapi masih banyak bulatan - bulatan (gunung api) sekitar 8 lokasi lain yang berpotensi menimbulkan tsunami," ujarnya.

Hal itu disampaikan dalam launching Gerakan Budaya Siaga Bencana, yang dilaksanakan di auditorium BMKG, di Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021). 

Hadir sejumlah pejabat tinggi negara di acara itu. Seperti Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala Basarnas Marsda (TNI) Henri Alfiandi, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. 

Secara virtual, hadir Mendagri Tito Karnavian, Menteri Sosial Tri Rismaharini, dan puluhan kepala daerah dari seluruh Indonesia. Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yang juga Pembina Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP, hadir langsung sebagai moderator acara. Kader PDIP Ruhut Sitompul juga hadir di acara itu.

Rekomendasi