Beredar Kabar Novel Baswedan dkk Dipecat Besok Karena Tak Lolos Assesment, KPK: Belum Tahu

| 03 May 2021 21:46
Beredar Kabar Novel Baswedan dkk Dipecat Besok Karena Tak Lolos Assesment, KPK: Belum Tahu
Firli Bahuri (Gabriella Thesa/era.id)

ERA.id - Beredar kabar Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bakal memecat sejumlah pegawainya termasuk Novel Baswedan. Alasan pemecatan disebut karena hasil tes wawasan kebangsaan, yang jadi salah satu syarat untuk beralih status sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Menanggapi kabar tersebut, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan pihaknya memang telah menerima hasil tes wawasan kebangsaan dari Badan Kepagawaian Negara (BKN) pada 27 April lalu. Namun, belum diketahui pasti hasilnya.

"Mengenai hasilnya sejauh ini belum diketahui karena informasi yang kami terima data dimaksud belum diumumkan," kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (3/5/2021).

Lebih lanjut, Ali mengaku belum mengetahui lebih detil mengenai kabar pemecatan sejumlah pegawai KPK. Dirinya menyebut hanya akan mengklarifikasi dengan data hasil assesment pegawai.

"KPK memastikan akan menyampaikan hasilnya kepada publik dalam waktu dekat dan akan kami informasikan lebih lanjut," tegasnya.

Diketahui, KPK bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menggelar assesment wawasan kebangsaan untuk para pegawainya. Asesmen ini dilakukan sebagai tindaklanjut dari alih status pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Dalam assesment tersebut, para pegawai akan menjalani tes integritas bangsa yang dilakukan untuk menilai konsistensi dari segi nilai, norma, dan etika organisasi. Berikutnya, mereka juga akan menjalani tes netralitas.

Tes netralitas ini dilakukan untuk menilai ketidakberpihakan pegawai pada segala bentuk pengaruh manapun dan pihak manapun.

Selain itu, ada juga tes antiradikalisme untuk menilai kesetiaan pegawai terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI dan pemerintah yang sah

Rekomendasi