Pernah Jadi Pengemis, Tak Disangka Anak Ini Harumkan Indonesia Lewat Hafalan dan Bacaan Al-Qur'an

Tim Editor

Kamil dan Ahmad

ERA.id - Banyak anak yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia dengan menjadi penghafal Al-Qur'an. Dua di antaranya adalah Muhammad Ghozali Akbar (Ahmad) dan Kamil Ramadhan.

Tak tanggung-tanggung, ia dijuluki sebagai "Google Al-Quran" karena kemampuan mereka dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an tanpa membacanya.

Bagaimana sih sepak terjangnya? Sebenarnya kisah brilian dua anak ini sudah moncer pada tahun 2020 silam, namun ada baiknya kita mengingat dan kembali mendoakannya.

Ahmad dan Kamil mengaku mulai belajar membaca Al-Qur'an saat usia mereka baru 8 tahun. Kamil menamatkan hafalan 30 jus dalam waktu 6,5 bulan, sementara Ahmad butuh 8,5 bulan untuk menghafal 30 juz.

Bahkan tak sampai menjadi penghafal saja loh, Ahmad dan Kamil juga pernah menjadi juara pertama dan ketiga di ajang Hafiz Indonesia 2017, dan berada di posisi ketiga dan keenam di lomba Hafiz Internasional tahun 2018 di Jeddah, Arab Saudi.

Hebat betul ya kemampuan dua bocah ini! Karena itu pula, mereka diundang sebagai tamu khusus di MTQ Internasional Moskow ke-19 (19th Moscow International Quran Reciting Competition).

Nah, sewaktu berada dalam acara bertajuk Islam itu, lantunan Al-Qur'an yang keluar dari Ahmad dan Kamil membuat ribuan orang menitikkan air mata.

Selepas acara, banyak orang yang kepincut dan ingin membantu serta memberi hadiah kepada dua anak tersebut. Kecintaan mereka memang bukan cuma didasari dari kelembutan suara Ahmad dan Kamil.

Memangnya apa lagi? Ternyata, kisah hidup mereka yang yatim menjadi penambah kasih orang kepadanya. Asal tahu saja, saking susahnya dulu, Kamil pernah menjadi pengemis untuk menyambung hidup.

Ahmad dan Kamil diketahui belajar di Muttaqin Islamic Boarding School, Yogyakarta, dan diasuh oleh Ustaz Ike Muttaqin. Pada tahun 2018 silam, Rektor Islamic University of Minnesota (IUM) Amerika Serikat, Prof Dr Waleed Edrees A Menesse, pernah mengunggah video Ahmad dan Kamil saat diuji kemampuannya dalam mengingat Al-Qur'an.

"Mundur dua halaman, ayat dua paling atas," ucap seorang pria yang memegang Al-Quran.

Mendengar itu, Ahmad dan Kamil langsung melantunkan ayat yang diminta tanpa melihatnya. Cuma mengandalkan ingatan dan tidak ada kesalahan sama sekali!

Lalu pria tadi kembali ingin menguji isi pikiran Ahmad dan Kamil. "Mundur 11 halaman ayat paling bawah," ujarnya.

Lagi-lagi, Ahmad dan Kamil menjawab tantangan tersebut tanpa kesulitan berarti, mereka bahkan membaca ayat tersebut dengan merdu. Untuk diketahui, video ini pun mengundang decak kagum dari netizen.

Intinya, Ahmad dan Kamil adalah anak yang istimewa dan cerdas. Bukan cuma pintar membaca dan menghapal Al-Qur'an, mereka juga menghapal nomor dan nama surat, nomor ayat, nomor halaman dan bahkan urutan baris yang diminta.

Tag: anak-anak al-qur'an alquran Tadarus Al-Qur'an ahmad dan kamil

Bagikan: