Doni Monardo Klaim Kasus Aktif COVID-19 per 4 Mei Terendah Dalam Satu Tahun Terakhir

Tim Editor

Ilustrasi covid-19 (Era.id)

ERA.id - Ketua Satuan (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengklaim kasus aktif COVID-19 per 4 Mei 2021 merupakan terendah sepanjang satu tahun terakhir sejak pandemi virus Corona melanda Indonesia. Angka kesembuhan, kata Doni juga memecahkan rekor.

"Posisi negara kita sebenarnya dalam kondisi yang sangat bagus sekali hari ini. Kasus aktif kita ini menduduki catatan terendah sepanjang satu tahun terakhir 5,88 persen. Angka kesembuhan kita pun mencapai rekor 9,39 persen," ujar Doni dalam diskusi daring, Rabu (5/5/2021).

Meskipun angka kasus aktif dan angka kesembuhan membaik, namun Doni mengungkapkan kasus kematian di Indonesia akibat COVID-19 masih lebih tinggi dari angka kematian global. Tercatat angka kematian di Indonesia mencapai 2,74 persen, sedangkan angka kematian global sebesar 2,09 persen.


Berdasarkan catatan tersebut, Doni mengatakan bahwa kebijakan pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 saat ini sudah sangat bagus. Mulai dari kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro hingga program vaksinasi nasional.

"Bapak presiden (Joko Widodo) dalam berbagai kesempatan mengatakan, setelan ini sudah bagus. Jangan sampai diubah lagi, jangan sampai ada kebijakan yang nantinya kasus aktif di daerah bertambah," kata Doni.

Lebih lanjut, Doni mengimbau kepada masyarakat tetap menjalankan protokol keseharan dengan ketat. Hal ini berkaitan dengan melonjaknya kasus positif COVID-19 di sejumlah negara tetangga dan juga teridentifikasinya mutasi varian virus SARS-CoV-2 dari Inggris, India, dan Afrika Selatan di Indonesia.

"Apa yang telah kita capai hari ini dengan kondisi yang membuat kita cukup tenang dan nyaman bukan berarti kita bisa lengah, tidak boleh. Kita tidak boleh kendor, prokes adalah kunci dari keberhasilan bangsa kita untuk terhindar dari ancaman COVID-19," tegas Doni.

"Disiplin, dan kompak serta konsisten juga merupakan salah satu solusi bagi bangsa kita melakukan pengendalian COVID-19," pungkasnya.

Tag: doni monardo covid-19 kesembuhan kasus covid-19

Bagikan: