Cek Fakta: Detik-Detik Tentara Indonesia Berangkat ke Al-Aqsa Palestina

Tim Editor

Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 (Dok. Twitter Puspen_TNI)

ERA.id - Akun Facebook Lindha Vhiio mengunggah video pasukan TNI yang bersujud di depan pesawat. Pada video tersebut ditulis ucapan "Selamat berjuang pahlawan bangsa, semoga Allah SWT melindungimu. Detik-detik keberangkatan pasukan tentara Indonesia ke Palestine". Lalu pada tulisan video tersebut juga dicantumkan bendera Indonesia dan Palestina.


Screenshot unggahan akun Facebook Lindha Vhiio (Dok. Turnbackhoax.id)

Setelah ditelusuri, dikutip dari laman turnbackhoax.id, foto yang diunggah dalam video tersebut identik dengan milik akun Twitter resmi Puspen TNI pada 27 Januari 2021. "187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air #tni #puspentni #satgas #mtf #unifil #pmpp #un #peacekeeper #Lebanon," cuit akun tersebut dikutip Senin (17/5/2021).

Dalam unggahan tersebut terdapat tautan artikel berjudul "187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air". Artikel tersebut ditulis dalam laman tni.mil.id pada Rabu, 27 Januari 2021".

Scree
Screenshot penelusuran foto identik (Dok. Turnbackhoax.id)

Dilansir dari laman tni.mil.id, dituliskan Satuan Tugas TNI Kontingen Garuda Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Chalk 4 sebanyak 187 tiba di Tanah Air usai melaksanakan Misi PBB, di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (27/1/2021). Mereka terdiri dari 4 prajurit MPU , 1 prajurit MCO, 1 prajurit CIMIC, dan 115 prajurit TNI AD, 55 Prajurit TNI AL, 17 prajurit TNI AU, dan 4 prajurit Wanita TNI.



Usai bertugas, Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 tersebut melakukan karantina selama lima hari sesuai dengan protokol kesehatan di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berdasarkan penelusuran di atas, video tersebut merupakan kedatangan 187 personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 27 Januari 2021. Mereka pulang dari misi perdamaian di Lebanon. Konten yang diunggah akun Facebook Lindha Vhiio merupakan konten yang salah.

Tag: berita hoaks israel-palestina palestina tni hoaks cek fakta

Bagikan: