Tak Perlu Keluar Rumah, Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan Virtual Lewat Siaran Langsung Bosscha

| 26 May 2021 17:45
Tak Perlu Keluar Rumah, Gerhana Bulan Total Bisa Disaksikan Virtual Lewat Siaran Langsung Bosscha
Ilustrasi gerhana bulan total (Dok. Antara)

ERA.id - Ingin melihat gerhana bulan total tapi masih terkendala pandemi COVID-19? Tenang. Masyarakat masih bisa menyaksikannya secara virtual.

Seperti diketahui, gerhana bulan total akan terjadi pada Rabu (26/5) nanti malam. Dikutip dari laman resmi Observatorium Bosscha, fase gerhana bulan total untuk wilayah Bandung dan sekitarnya akan dimulai pada pukul 15.48 WIB dan akan masuk menuju fase totalitas pada pukul 18.19 WIB saat Bulan baru terbit di Timur.

"Kita dapat menyaksikan proses gerhana hingga selesai pada pukul 20.50 WIB," seperti dikutip dari laman resmi Observatorium Bosscha, Rabu (26/5/2021).

Nah, masyarakat juga bisa ikut melihat gerhana bulan total melalui pengamatan virtual langit malam (PVLM) yang akan disiarkan di kanal YouTube Bosscha Observatory yang akan dimulai sejak pukul 17.00 WIB.

Tak hanya melihat gerhana bulan total saja, sejumlah astronom juga akan memandu pemirsa melewati serangkaian fase gerhana dengan diisi diskusi terkait gerhana bulan, bagaimana penjelasannya secara astronomi, apa yang bisa kita pelajari dari fenomena gerhana Bulan, serta peran dan ceritanya di dalam kebudayaan.

"Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 merupakan gerhana bulan total satu-satunya di tahun 2021 dan bertepatan dengan Bulan berada pada titik terdekat dengan Bumi atau perigee sehingga gerhana kali ini disebut juga sebagai Gerhana Bulan Super (supermoon)."

Rekomendasi