Belanja Kemhan Rp1,7 Kuadriliun, Prabowo: Banyak Alutsista Sudah Tua

| 02 Jun 2021 19:30
Belanja Kemhan Rp1,7 Kuadriliun, Prabowo: Banyak Alutsista Sudah Tua
Menhan Prabowo Subianto (Antara)

ERA.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subinato menyebut, moderenisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik Indonesia perlu dilakukan.

Menurutnya, peralatan tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara banyak yang sudah tua.

Hal ini menjawab mengenai rencana strategis Minimum Essential Force (MEF) yang akan berakhir pada 2024.

"Sebagai mana diketahui, banyak alut (alat utama) kita sudah tua, sudah saatnya memang mendesak harus diganti," kata Prabowo di Kompleks DPR RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Prabowo mengatakan, soal rencana pemenuhan alutsista dan soal anggaran masih dibahas bersama pemangku kepentingan lainnya seperti Bappenas dan Kementerian Keuangan.

Dia menegaskan, semua kebutuhan moderenisasi alutsista perlu dilakukan demi menghadapi semua dinamika di masa depan.

"Kebutuhan-kebutuhan itu sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan startegis yang berkembang dengan sangat pesat," kata Prabowo.

Adapun dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI, Prabowo mengaku banyak pula membahas dan menjelaskan mengenai rencana anggaran Kementerian Pertahanan untuk tahun 2022.

"Kita beri penjelasan tentunya tadi kita fokusnya adalah anggaran, anggaran 2022. Tapi tentunya saya diminta menjelaskan tentang konsep rencana induk ke depan kita sudah menyusun itu," pungkasnya.

Rekomendasi