Kapolri Listyo Sigit Harap 3 Kabupaten Ini Waspadai Lonjakan Covid-19

| 05 Jun 2021 19:45
Kapolri Listyo Sigit Harap 3 Kabupaten Ini Waspadai Lonjakan Covid-19
Suasana salah satu pertokoan di Kudus, Jawa Tengah, yang tutup di tengah melonjaknya wabah infeksi Covid-19. (Foto: ANTARA)

ERA.id - Kapolri Jenderal Pol.Listyo Sigit Prabowo meminta sejumlah daerah yang berdekatan dengan wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, untuk mewaspadai lonjakan kasus Covid-19.

"Lonjakan kasus COVID di Kabupaten Kudus meningkat hingga 30 persen dalam sepekan," kata Kapolri dalam siaran pers usai mengunjungi Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Sabtu, (5/6/2021), dilansir dari ANTARA.

Menurut dia, tiga wilayah di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora harus mewaspadai kenaikan kasus yang terjadi di Kudus.

Ia meminta forum koordinasi pemerintah daerah untuk aktif mengedukasi pentingnya protokol kesehatan di tengah penurunan kesadaran masyarakat.

Menurit dia, kendornya protokol kesehatan jangan sampai menyebabkan terjadinya lonjakan Covid-19 seperti di Malaysia dan India.

"Gelorakan 5M dalam kehidupan, terutama saat hajatan warga atau kegiatan lain yang bisa menimbulkan kerumunan," katanya dalam kunjungan bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Sementara Panglima TNI meminta adanya koordinasi dan kolaborasi lintas sektor dalam penanganan Covid-19.

"Antisipasi kegiatan-kegiatan budaya di wilayah, jangan sampai menimbulkan kerumunan," katanya.

Rekomendasi