Demi Hentikan Covid-19, Jokowi Memohon: Segera Ambil Kesempatan Dapatkan Vaksinasi COVID-19

| 24 Jun 2021 07:49
Demi Hentikan Covid-19, Jokowi Memohon: Segera Ambil Kesempatan Dapatkan Vaksinasi COVID-19
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat memanfaatkan program vaksinasi Covid-19 dengan sebaik-baiknya apabila sudah mendapat kesempatan atau jadwal. Dia mengimbau agar masyarakat tak perlu ragu.

"Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil. Jangan ada yang menolak. Karena agama apapun tidak ada yang melarang vaksin. Ini demi keselamatan kita," tegas Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (23/6).

Penyuntikan vaksin, kata Jokowi, masih menjadi upaya terbaik saat ini yang dimiliki pemerintah untuk memutus rantai penularan Covid-19. Vaksinasi adalah ikhtiar untuk mencapai kekebalan komunitas (herd immunity).

"Maka, sebelum itu (kekebalan komunal) tercapai, kita harus tetap berdisiplin dan menjaga diri terutama memakai masker dan menjaga diri terutama memakai masker," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga mengingatkan agar masyarakat tetap patuh terhadap ketentuan yang diatur dalam PPKM mikro seperti mengurangi mobilisasi. Hal ini untuk menekan penularan virus corona yang tergolong masif.

"Saya minta satu hal yang sederhana ini. Tinggalah di rumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Hanya dengan langkah bersama kita bisa menghentikan wabah ini. Semua orang harus berperan serta," tukasnya.

Jokowi menambahkan, PPKM level mikro masih menjadi kebijakan pengendalian Covid-19 yang dipilih pemerintah. Pernyataan Jokowi ini merespons desakan dari banyak pihak agar pemerintah menerapkan kembali PSBB atau penguncian wilayah alias lockdown.

Rekomendasi