Jelang PPKM Darurat, Puan: Jangan Cuma Kebijakan di Atas Kertas, Pemerintah Harus Serius

| 02 Jul 2021 11:15
Jelang PPKM Darurat, Puan: Jangan Cuma Kebijakan di Atas Kertas, Pemerintah Harus Serius
Puan Maharani (DPR.go.id)

ERA.id - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah menjalankan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dengan menegakkan aturan yang tegas dan sempurna.

Dia mengatakan, semua aturan dalam PPKM Darurat jangan sampai berhenti di atas kertas.

“Semua pihak terkait harus membantu agar PPKM Darurat dilaksanakan dengan sempurna, tegakkan aturan, tidak berhenti sebagai kebijakan di atas kertas," ujar Puan dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat (2/7/2021).

Lebih lanjut, Puan mengapresiasi langkah pemerintah yang memutuskan memberlakukan PPKM Darurat.

Dia mengatakan, kebijakan itu adalah langkah tepat untuk menekan laju penularan COVID-19 yang terus melonjak dalam beberapa hari belakangan ini.

Kebijakan itu, kata Puan, diambil setelah pemerintah mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak. Selain itu, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa pandemi COVID-19 memang berkembang sangat cepat, terutama adanya varian baru virus corona, sehingga diperlukan kebijakan yang lebih ketat dan tegas.

"Ini merupakan jawaban dari masukan-masukan berbagai pihak, semoga nantinya kebijakan ini benar-benar efektif menekan laju virus corona di Indonesia, khususnya Pulau Jawa dan Bali. Kita semua ingin bangsa ini segera pulih dari pandemi,” ucap Puan.

Puan mengatakan, masyarakat tidak perlu panik dengan PPKM Darurat. Dia yakin kondisi dan penanganan pandemi COVID-19 akan semakin membaik jika pemerintah konsisten dan tegas, serta masyarakat berpartisipasi menyukseskan PPKM Darurat.

“Keberhasilannya sangat ditentukan oleh partisipasi masyarakat dalam menyukseskan PPKM Darurat. Marilah kita bulatkan tekad untuk mengakhiri situasi darurat ini. Kita pasti bisa,” tegas Puan.

Rekomendasi