Penampakan KRI Teluk Youtefa-522, Kapal Angkut Tank Buatan Dalam Negeri yang Resmi Perkuat Alutsista TNI AL

| 13 Jul 2021 07:17
Penampakan KRI Teluk Youtefa-522, Kapal Angkut Tank Buatan Dalam Negeri yang Resmi Perkuat Alutsista TNI AL
KRI Teluk Youtefa-522 (Dok. Dispenal)

ERA.id - KRI Teluk Youtefa-522, kapal jenis Angkut Tank (AT) ke-5 produksi dalam negeri dari Galangan PT Daya Radar Utama (DRU), Lampung segera bergabung memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AL,

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono, meresmikan langsung kapal tersebut di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (12/7).

Peresmian diawali dengan penandatangan berita serahterima Kapal dari Direktur Daya Radar Utama Agus Gunawan kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksma Maman Rohman.

Selanjutnya diserahkan kepada Aslog Kasal Laksda Puguh Santoso dari Aslog Kasal diserahkan kepada Pangkolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah, selaku satuan yang akan mengoperasikan kapal KRI Youtefa-522.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pengukuhan Komandan KRI Teluk Youtefa 522n kepada Letkol Laut (P) I Nyoman Armenthia W, alumni AAL angkatan 47 tahun 2001 sebagai komandan kapal pertama akan bertugas di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Kasal Laksamana Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan, pembangunan kapal-kapal jenis angkut tank ini merupakan bagian integral dari pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut sesuai dengan perencanaan strategis yang telah ada.

Menurut Yudo, kapal-kapal AT ini akan sangat mendukung tugas TNI AL baik dalam operasi militer untuk perang maupun operasi militer selain perang, sebagai perwujudan dari TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Kapal ini merupakan kapal yang ke5 dari AT-AT yang dibangun di galangan dalam negeri sehingga nantinya bisa untuk mengganti kapal-kapal angkut tank yang umurnya sudah di atas 40 tahun dari Korea seperti kelas KRI Teluk Semangka, KRI Teluk Penyu dan sebagainya.

“Saya berharap dengan adanya penambahan KRI jenis angkut tank dengan kapasitas 360 prajurit dengan 120 ABK ini dapat mendukung tugas pokok TNI AL khususnya dalam operasi gabungan yaitu operasi amfibi maupun operasi pendaratan administrasi. Selain pasukan, kapal ini juga dapat mengangkut tank leopard maupun tank amfibi," ungkap Yudo Margono, dalam siaran pers yang diterima.

KRI Youtefa-522 merupakan jenis kapal Angkut Tank (AT) ke-5 KRI ini memiliki spesifikasi panjang 120 meter, lebar 18  meter, tinggi 7,8 meter dan draft 3  meter (full load) dengan bobot 4508 ton.  

Kecepatan kapal ini maksimum 16  knots, kecepatan jelajah 14,8 knots dan   kecepatan ekonomis 13,6 knots dengan kemampuan jelajah sejauh 7200 nautical  miles serta mampu berlayar 20 hari dengan menggunakan dua mesin stx-man diesel 4.320 kw.

KRI Teluk Youtefa-522 dapat mengangkut 10 unit tank leopard, 1 unit panser 2 AVBL, 1 unit transporter, 2 unit helikopter dan 361 pasukan.

KRI Teluk Youtefa-522 memiliki fungsi asasi sebagai kapal angkut tank, tugas pokok kapal angkut tank adalah mengangkut alat-alat perang, logistik dan personel dari pangkalan tolak ke daerah sasaran secara terbatas.  

Sedangkan fungsi tambahan yang dapat dilaksanakan KRI Teluk Youtefa-522 yaitu mengangkut helikopter untuk keperluan tugas khusus seperti pengintaian, raid dan lainnya serta dapat mengangkut pasukan dalam rangka penggantian pasukan, dapat mengangkut alat logistik dalam rangka resupply pasukan di daerah operasi.

Kapal ini juga mampu melaksanakan search and rescue terbatas dalam pencarian dan pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut.

Nama Teluk Youtefa diambil dari nama teluk di Jayapura, Papua. Kapal ini dirancang mengangkut MBT (Main Battle Tank) jenis Leopard milik Angkatan Darat dan tank BMP-3F milik Marinir. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Para Asisten Kasal, para Pangkotama TNI AL, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal dan undangan lainnya.

Rekomendasi