Pemprov DKI Imbau Panitia Kurban Hindari Pakai Wadah Plastik, Apa Saja Alternatif Lainnya?

| 20 Jul 2021 12:45
Pemprov DKI Imbau Panitia Kurban Hindari Pakai Wadah Plastik, Apa Saja Alternatif Lainnya?
Pemisahan daging kurban (Dok. Antara)

ERA.id - Pemprov DKI Jakarta mengimbau panitia kurban Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah untuk menghindari pemakaian wadah berbahan plastik untuk menjaga dan mewujudkan ramah lingkungan.

"Kami imbau menggunakan wadah dari bahan ramah lingkungan yang mudah didapat untuk membagi-bagikan daging kurban," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin di Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (20/7/2021).

Ia mengimbau panitia kurban menggunakan wadah ramah lingkungan seperti daun pisang, daun talas, besek bambu, besek dari janur, dan besek dari daun pandan.

Panitia kurban sebaiknya, lanjut dia, tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai sebagai wadah daging atau menggunakan kantong plastik hitam.

"Kantong plastik atau kresek merupakan jenis sampah yang membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alamiah," ucapnya.

Senada dengan Syaripudin, Pelaksana Tugas Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji juga mengajak panitia kurban menggunakan wadah berbahan ramah lingkungan.

"Sebaiknya menggunakan wadah alternatif yang ramah lingkungan, misalnya menggunakan bongsang atau keranjang kecil terbuat dari bambu," katanya.

Selain ramah lingkungan, menggunakan bongsang  juga dapat menggerakkan perekonomian pelaku UMKM.

Rekomendasi