Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas untuk Jaga Kualitas dan Tidak Cepat Busuk

| 30 Jun 2023 12:05
Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas untuk Jaga Kualitas dan Tidak Cepat Busuk
Ilustrasi daging merah (pixabay)

ERA.id - Daging yang diterima saat Iduladha biasanya tidak habis dalam sehari. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tahan lama.  

Teknik yang salah bisa membuat daging cepat busuk atau mengalami penurunan kualitas. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, simak tips dari Era.id berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

·         Tidak mencuci

Salah satu kesalahan yang paling umum terjadi adalah langsung mencuci daging yang didapat. Nah, ini adalah hal yang kurang baik. Hindari mencuci daging jika tujuannya adalah dimasukkan ke dalam kulkas.

Pencucian bisa membuat bau tidak sedap pada daging semakin kuat. Selain itu, air yang merasuk ke dalam serat daging bisa nurunkan kualitas daging. Pencucian daging sebelum dimasukkan ke kulkas bisa merusak daging.

·         Potong sesuai takaran

Daripada mencuci, Anda sebaiknya memotong daging yang akan dimasukkan ke dalam kulkas. Anda bisa mengira-ira ukuran yang tepat untuk dikonsumsi dalam satu hari.

Pemotongan daging sebelum memasukkannya ke dalam kulas bisa membuat daing lebih mudah saat dicairkan (saat dikeluarkan dari kulkas). Hal ini juga bisa menghemat ruang penyimpanan.

·         Pakai wadah kedap udara

Setelah daging dipotong sesuai ukuran yang diinginkan, masukkan daging ke wadah yang kedap udara. Penggunaan plastik juga bisa dilakukan. Hal yang penting untuk diingat adalah menggunakan bahan yang aman untuk makanan.

·         Gunakan freezer

Ilustrasi menyimpan daging di freezer (pexels)

Simpan daging di bagian freezer kulkas agar tahan lama. Dilansir Food and Drug Administration (FDA), daging yang disimpan di kulkas dengan suhu -18 derajat Celsius bisa bertahan hingga 1—2 bulan di freezer.

Sementara, jika ingin menyimpan dalam waktu yang cukup singkat (misal 1 atau 2 hari), Anda bisa meletakkan daging di kulkas dengan suhu 4 derajat Celsius. Suhu yang tepat bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada daging. Dengan demikian, daging bisa bertahan lebih lama.

·         Hindari kontaminasi silang

Hindarkan daging dari kontaminasi produk lain di dalam kulkas, seperti buah, sayuran, bumbu dapur, atau bahan-bahan lainnya.

·         Catatan waktu

Anda bisa menambahkan catatan yang memberikan penjelasan waktu daging tersebut dimasukkan ke dalam kulkas. Tulis tanggal di kertas, kemudian tempelkan kertas tersebut pada wadah daging menggunakan selotip transparan.

Dengan catatan ini, Anda bisa mengetahui usia daging tersebut sehingga penyimpanannya tidak terlalu lama. Penyimpanan yang terlalu lama bisa membuat kualitas daging menurun meski cara menyimpan daging kurban di kulkas sudah benar.

Rekomendasi