Bantah 'Bisnis' Ivermectin', Ribka Tjiptaning Sebut Tak Kenal PT Harsen

Tim Editor

Ribka Tjiptaning (Dok. DPR)

ERA.id - Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP Ribka Tjiptaning membantah temuan Indonesia Corruption Watch (ICW), mengenai keterlibatan dirinya di balik endorse obat Ivermectin.

Ribka tegas membantah dirinya mengenal PT Harsen Laboratories yang memproduksi obat Ivermectin dengan nama dagang Ivermax 12.

"Aku kenal sama (PT) Harsen saja enggak. Mungkin anakku kenal," kata Ribka saat dihubungi ERA.id, Kamis (22/7/2021).


Adapun anak Ribka, yaitu Riyo Kristian Utomo merupakan salah satu anggora direksi di PT Harsen Laboratories yang menjabat sebagai Direktur Pemasaran.

Selain itu, Ribka juga membantah Baguna, organisasi sayap PDIP, mendapatkan sumbangan bantuan alat kesehatan dari PT Harsen. Menurutnya, sumbangan berupa face shiled dan hand sanitizer yang diperoleh Baguna tahun lalu didaapt dari anaknya.

Lagipula, kata Ribka, pada tahun lalu banyak sumbangan yang didapa dari kolega maupun Kementerian Kesehatan. Namun dia mengaku tak pernah mendapatkannya dari PT Harsen Laboratories.

"Pernah kasih face shield dan hand sanitizer tahun yang lalu, itu yang kasih anakku. Aku mana tahu kalau Harsen yang kasih, karena banyak yang kasih juga seperti Kementerian Kesehatan," papar Ribka.

Berdasarkan hal tersebut, sekali lagi Anggota Komisi VII DPR RI tersebut membantah bahwa dirinya maupun Baguna mengenal PT Harsen Laboratories.

"Tidak kenal sama sekali (dengan PT Harsen Laboratories)," tegasnya.

Terpisah, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Sadarestuwati yang juga pernah memimpin Baguna pada periode 2015-2019, juga menegaskan bahwa Baguna tidak pernah mendapat bantuan apa pun dari PT Harsen Laboratories.

"Selama saya memimpin BAGUNA tahun 2015-2019, BAGUNA tidak pernah sama sekali mendapatkan bantuan dari Instansi ataupun perusahaan yang dimaksud," kata Sadarestu kepada wartawan.

Sebelumnya, ICW menduga ada keterlibatan PDIP di balik endorse obat antiparasit Ivermectin yang diproduksi oleh PT Harsen Laboratories.

Keterlibatan itu melalui Direktur Pemasaran PT Harsen Laboratories, Riyo Kristian Utomo, yang juga merupakan Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Budaya di DPC PDIP Tangerang Selatan.

Riyo juga diketahui merupakan anak kandung Ketua DPP PDIP Ribka Tjiptaning Proletariyati. Ribka adalah anggota Komisi Energi, Riset, dan Teknologi. Sebelumnya ia merupakan anggota Komisi Kesehatan namun dipindah akibat menyatakan menolak vaksin Covid-19 dalam sidang rapat kerja Komisi Kesehatan.

"Pada April 2020, ditemukan video amatir yang menunjukan Baguna tengah membagi-bagi sembako dan masker yang disediakan oleh PT Harsen dan diterima oleh Ribka Tjiptaning selaku ketua Baguna PDIP," kata peneliti ICW Egi Primayogha.

Tag: pandemi COVID-19 Ivermectin obat cacing ivermectin

Bagikan: